Dinkes Berhasil kurangi Angka Gisi Buruk di Sulut | Reportase Sulawesi Utara       Dinkes Berhasil kurangi Angka Gisi Buruk di Sulut | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

 
Pemimpin Dinkes Sulut
Dr. Grace L Punuh M.Ks | Image : seputarsulut.com
Reportasesulut.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dibawa pimpinan Kadis dr. Grace L Punuh MKs, mengklaim telah menekan angka gisi buruk di daerah ini.
Indikator Kesehatan Provinsi tahun 2003 menuunjukan previsi gizi buruk berhasil ditekan sampai 0,35 persen dibanding target nasional dibawah 13 persen. Data bersumber dari Dinkes yang disampaikan oleh Wagub Sulut Dr. Djouhari Kansil M.Pd.

“Hasil ini patut diberi apresiasi positif,” ujar Kansil, dalam acara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 tingkat Provinsi Sulut, yang dilaksanakan di Auditorium Bukit Inspirasi Tomohon, Kamis (20/11/2014).
 
Seirama dengan Kadis Dr. Grace L Punu M.Ks sebagai pemimpin di Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menyapakati penurunan angka gisi buruk di Sulut.

Hasil ini kiranya dapat dipertahankan, termasuk keberhasilan lain seperti angka kematian balita sudah dapat ditekan sampai 33/1.000 kelahiran hidup dari target nasional masih 44/1.000 kelahiran hidup.

“Demikian umur harapan hidup penduduk Sulut yang mencapai 74,4 tahun, dari target nasional 65 tahun. Ini menempatkan Sulut pada rangking 3 umur harapan hidup (UHH) di Indonesia. Dan laporan statistik badan kesehatan dunia (WHO) 2014, menempatkan Indonesia pada peringkat kelompok kedua terbaik dalam tingkat harapan hidup sedunia bersama Amerika Serikat, Arab saudi dan Brasil,” terang Kansil.

Acara dihadiri oleh Walikota Tomohon Jimmy F. Eman SE, Ak, Kepala Dinkes Sulut dr. Grace Punuh, Dirut RS Prof kandou dr Maxi Rondonuwu, Dirut RSJ Ratumbuisang dr Jemmy Lampus, Kadis Kesehatan Kabupatan/Kota di Sulut., dan pejabat jajaran Dinkes Sulut. 

Editor : Heski Hendom

Posting Komentar