Anak Presiden Tidak lolos CPNS, Nilai Wawasan Kebangsaan Rendah. | Reportase Sulawesi Utara       Anak Presiden Tidak lolos CPNS, Nilai Wawasan Kebangsaan Rendah. | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Anak Presiden tidak lulus cpns
Google image

Reportasesulut.com- Kahiyang Ayu (23), Putri Presiden RI Jokowi, Jadi Perbincangan hangat di berbagai media massa. Dikarenakan, Ayu tidak lolos Sewaktu seleksi Calon Pegaiwai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintahan Kota Solo, Jumat (19/12).

Ayu yang lulusan jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, adalah salah satu dari 2.500 pelamar CPNS Pemkot Solo. Pelamar diwajibkan mengikuti tes dan langsung dinilai.

Nilai capaian Kelulusan dibagi tiga Bagian, yakni, tes Wawasan Kebangsaan, Intelegensi Umum dan Karekteristik Pribadi. Dari tiga kategori penilaian, Anak kedua Presiden itu pun gagal dalam bidang Wawasan Kebangsaan.

Rinciannya, Ayu hanya memperoleh nilai 50 untuk tes wawasan kebangsaan yang seharusnya minimal 75, nilai 95 untuk intelegensia umum dan nilai 155 untuk tes karakteristik pribadi. Jika ditotalkan, skor Ayu sebanyak 300. Dan, dari sekian banyak peserta, hanya tiga nama yang dinyatakan lulus seleksi.

Bersumber dari data tribun.com, tiga nama yang dinyatakan lulus seleksi,  mereka adalah Nunung Marlina Widayati, skor (421), Ferary Sahita, skor  (414) dan Anung Prasetyanto, skor (409).

Mendengar Anak Presiden tidak lolos seleksi, Yuddy Christian (MenPAN-RB) ikut menanggapi.

"Putri Presiden saja tidak lulus, dan Presiden tidak membantunya, " ujar Yuddy, Jumat (19/12/2014) saat diliput oleh liputan6.

Kenyataan itu juga menjadi pembelajaran bagi bangsa Indonesia yang tengah gencar melaksanakan reformasi birokrasi. Generasi muda yang ingin menjadi pegawai harus memiliki kemampuan, setidaknya untuk melampaui passing grade dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Jika peserta tes yang tidak memenuhi passing grade diluluskan, berarti terjadi kecurangan dalam proses seleksi CPNS.  Tidak lulusnya Anak Presiden Jokowi, terbukti, Terobosan evaluasi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) mampu mengukur nilai murni dari masing-masing peserta seleksi.

Transparannya ujian CAT ke publik, Ayu, Anak Presiden RI menjadi buah bibir masyarakat luas. Nilai Wawasan Kebangsaannya yang tak capai passing grade, hangat diperbincangkan. (HH)

Editor : Heski Hendom




Posting Komentar