Bakohumas Kota Bitung Selenggarakan Sosialisasi | Reportase Sulawesi Utara       Bakohumas Kota Bitung Selenggarakan Sosialisasi | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)


Reportase Sulut - Kamis, 18/12. Bertempat di Aula Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Bitung, Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Kota Bitung mengadakan Sosialisasi Ekspor Untuk Menunjang Perekonomian Daerah dimana sebagai narasumber Bapak Fitra Krisdianto selaku Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Bitung. Hadir dalam acara ini yaitu Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Bitung Fabian Kaloh, S.IP M.Si yang diikuti oleh SKPD Kota Bitung dan Instansi Pemerintah lainnya.


Dalam sambutannya, Kaloh menyampaikan humas pemerintah erat kaitannya dengan keterbukaan informasi publik, sehingga selalu dituntut kemampuannya dalam menghadapi tantangan dan perubahan lingkungan yang sangat cepat. Keterbukaan sekarang ini, humas mempunyai peran yang penting dan strategis. Humas adalah kegiatan komunikasi dalam organisasi yang berlangsung dua arah dan timbal balik. “Pentingnya peran kehumasan yaitu memiliki tugas sangat penting dalam menyampaikan informasi kepada publik yang bersifat membangun dan dapat dipertanggungjawabkan. Memang banyak informasi yang tersedia, namun seperti yang kita sadari bahwa tidak semua orang yang dapat mengemas dengan baik untuk menjadi informasi yang dapat bermanfaat dan bersifat membangun, “ ucap Kaloh.


Pada sosialisasi ini materi yang dibawakan mengenai Standar Operasional Prosedur dari pelayanan yang diberikan Kantor Bea dan Cukai dalam mengekspor barang keluar daerah. Pada sesi tanya jawab, peserta menanyakan tentang barang sitaan yang harus dimusnahkan kenapa tidak dimanfaatkan untuk pemasukan pendapatan negara. Menanggapi pertanyaan tersebut, narasumber menjelaskan bahwa tidak semua barang sitaan dimusnahkan. “Barang yang akan kita musnahkan harus melalui prosedur, bilamana barang sitaan tersebut memiliki dampak yang berbahaya kita musnahkan dan jika tidak berbahaya, kita manfaatkan sebagai sumber pendapatan negara, “ jawab narasumber.



Posting Komentar