Mau tau ? Inilah Awan Kumulonimbus yang sering jadi Momok Para Pilot | Reportase Sulawesi Utara       Mau tau ? Inilah Awan Kumulonimbus yang sering jadi Momok Para Pilot | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Ilustrasi Image | Lintas Me
Reportasesulut.com- Pesawat AirAsia yang dikabarkan hilang dari radar pusat kontrol penerbangan diduga akibat gumpalan awan raksasa, Kumulonimbus. 

Lantas, seperti apa Kumulonimbus itu ? Sampai-sampai jadi momok para pilot pesawat komersil maupun pesawat tempur.

Berdasarkan definisi, Kumulonimbus berasal dari bahasa Latin, "cumulus" berarti terakumulasi dan "nimbus" berarti hujan. Awan tebal itu merupakan bentuk dari hasil ketidakstabilan atmosfer. 
Awan Kumulonimbus (Cb) merupakan sebuah awan vertikal yang sangat tinggi, padat, dan kerap terlibat dalam cuaca ekstrim, seperti badai petir, tornado, dan cuaca dingin lainnya. 

Uniknya, awan-awan ini dapat terbentuk sendiri, secara berkelompok, atau di sepanjang garis suhu dingin. Yang paling menakutkan adalah, awan ini dapat menciptakan petir melalui jantung awan. Awan ini juga dapat membentuk menjadi supersel, dan mampu mengakibatkan sebuah badai petir besar dengan keunikan tersendiri.

Maka, hadirnya Komulonimbus sangat dikuatirkan oleh pusat penerbangan manapun.
Di bawah ini, video akan rekasi-reksi dari Komulonimbus.



Posting Komentar