Sondakh : Dengan Pesta Tulude, DIharapkan Bisa Memancarkan Nilai Intelektualitas Yang Baik | Reportase Sulawesi Utara       Sondakh : Dengan Pesta Tulude, DIharapkan Bisa Memancarkan Nilai Intelektualitas Yang Baik | Reportase Sulawesi Utara

Reportase Sulut - Pesta adat Tulude yang dilaksanakan secara serentak di 8 Kecamatan yang ada di Kota Bitung berlangsung sangat meriah, dimana Walikota Bitung, Hanny Sondakh menghadiri perayaan syukur itu didua Kecamatan yakni Kecamatan Aertembaga dan kecamatan Madidir.

Adat Tulude yang dilaksanakan dilapangan mini depan Kantor Lurah Tandu Rusa, Kecamatan Aertembaga sedangkan untuk Kecamatan Madidir mengambil tempat di halaman Kantor Camat Madidir.
Acara yang diawali dengan ibadah syukur dan dilanjutkan dengan pemotongan kue tamo oleh salah satu tokoh adat, kemudian dilanjutkan dengan iringan oleh musik dan tarian  tradisional khas nusa utara.
Sondakh dalam sambutannya mengatakan, tujuan manusia dalam mengembangkan hidupnya adalah untuk kebaikan diri sendiri dan sesame yang laini, karena didalamnya terpancar nilai intelektualitas, keteguhan hati dan keuletan.

"Ketiga hal ini akan bersatu padu menjadi sebuah kearifan, saya mengajak untuk semua yang hadir agar mengakar kuat pada dasar budaya. Dengan perayaan Tulude ini, mari kita memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar menjauhkan kita dari segala hal yang mendatangkan keburukan di tahun yang telah lewat," kata Sondakh

Sondakh juga menghimbau untuk tetap menjaga persatuan dan persaudaraan, sebagai warga Kota Bitung, Sulawesi Utara, dan warga Negara Indonesia, pesta adat Tulude yang sarat nuansa religi kiranya menjadi kekuatan untuk menciptakan kehidupan yang rukun dan damai, sebab kerukunan merupakan kekuatan yang wajib kita pelihara dan kita jaga bahkan kita tingkatkan dan kembangkan untuk anak cucu kita nanti", tutup Sondakh.

Posting Komentar