Pelantikan 207 PPS Kota Bitung Bisa Mengedepankan Azas Pemilu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil | Reportase Sulawesi Utara       Pelantikan 207 PPS Kota Bitung Bisa Mengedepankan Azas Pemilu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut - Dalam rangka penyelenggaran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bitung Tahun 2015, Senin (180/5) kemarin, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bitung melantik 207 Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan yang Bertempat di BPU Kantor Walikota, Selasa (19/05).

Ketua KPUD Bitung, Sammy Rumambi secara resmi melantik sekaligus mengambil sumpah tugas para petugas yang akan menjadi bagian dari penyelenggaran pesta demokrasi tersebut, disaksikan oleh Wakil Walikota Bitung, Max Lomban SE MSi, Komisioner dan Panwaslu. 

Sementara, Pemerintah Kota Bitung melalui Wakil Walikota, M J Lomban dalam sambutannya,  tugas PPS adalah substansi dari pelaksanaan demokrasi baik di Kota Bitung maupun daerah - daerah lain. "Suara adalah sumber sengketa dalam pilkada, menjadi masalah yang peka dan sensitive sehingga butuh kosentrasi serius”.  

Lomban mengungkapkan perolehan suara dan teknik pengumpulannya juga merupakan bahan bagi kandidat yang tidak puas untuk menjadi bahan aduan ke pihak yang berwenang. Pelaksanaan dari tahapan hingga pemungutan suara Pilwako nantinya, Pemkot mendukung penuh pelaksanaannya dalam hal pendanaan. 

Selain itu, Ketua KPUD Bitung Sammy Rumambi dalam kesempatannya mengajak PPS melaksanakan tugas dengan mengedepankan azas pemilu yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan netral.

“PPS juga jangan merugikan pasangan manapun dalam Pilwako yang pemungutan suaranya pada hari 9 Desember 2015 mendatang,”pinta Rumambi. Ia juga mengajak para PPK daan PPS terus menjaga semangatnya, sebab tugas PPS pada beberapa minggu kedepan akan mulai terasa berat.

"Setelah dilantik PPS akan melakukan kerja dobel baik pemutakhiran data Pilgub maupun pemutakhiran pemilu Pilwako," jelasnya
.

Hal yang sama, Viktor Rotti Komisioner Hubungan Masyarakat mengatakan, pekerjaan yang segera menunggu setelah pelantikan adalah menvalidkan estimasi jumlah TPS setiap Kelurahan bersama dengan PPK.

Posting Komentar