Dombo temukan Bongkahan Batu Akik Bercorak Kepala Ular Patola | Reportase Sulawesi Utara       Dombo temukan Bongkahan Batu Akik Bercorak Kepala Ular Patola | Reportase Sulawesi Utara

Bongkahan Batu Akik Bercorak Kepala Ular Sawah
Reportasesulut.com- Minahasa Utara, Sebut saja Dombo (51). Pria asal talawaan Jaga VI, hari ini, Minggu, 21/6/15, cukup menarik perhatian pecinta batu Akik khususnya daerah desa talawaan. Pria yang keseharian sebagai petani dan penambang emas itu, menyisipkan waktunya untuk sekedar mengoleksi bongkahan batu akik. 

Siapa sangka, bongkahan yang ia temukan di area lokasi pertambangan, desa Talawaan, Kec. Talawaan mendapat hasil yang cukup memuasakan mata. Saat diwawancarai salah satu tim Reportase Sulut, Dombo blak-blakan menjawab ketika di tanya, jenis batu apa yang ia temukan.

"Ini saya beri nama, batu Temboan" Spontan Dombo menjawab.

Sekarung lebih bongkahan batu akik dikumpulkan Dombo. Masing - masing memiliki corak yang unik. Ada yang serupa "tuturuga", warna pelangi dan paling unik adalah bongkahan bercorak seperti kepala ular "Patola".

Tumpukan bongkahan yang ditemukan Dombo di desa Talawaan katanya, sebagian akan dicincinkan. Dombo tak tahu persis apa kah ada jenis batu yang serupa dengan itu di luar sana ? Pastinya, setelah Tim Reportase Sulut menelusuri lebih jauh, jenis batu yang Dombo temukan sering disebut Batu Panca Warna.

Batu Panca warna ini dipercaya sebagian orang, jika dicincinkan dan dilingkarkan pada jari, pemakai akan terlihat berwibawah. Selain nilai spiritnya, Batu Panca Warna ini memancarkan keindahan tersendiri. 

Bongkahan Batu Akik Penemuan Dombo
Dombo berharap, kalau memang ini mendapat perhatian khusus dari pencinta batu akik, dengan senang hati batu temboan siap dijual.

 "Kalo memang ada yang minat dengan ini batu temboan, kita jual" Promo Dombo kepada tim reprotase sulut, berharap untuk diberitahukan kepada khalayak ramai. (HH)

Bongkahan Batu Akik di Talawaan












Posting Komentar