Hari Pertama Kerja Dikpora gelar Rakor | Reportase Sulawesi Utara       Hari Pertama Kerja Dikpora gelar Rakor | Reportase Sulawesi Utara

Reportasesulut.com- MITRA, Kepala Dinas pendidikan pemuda dan olah raga kabupaten Minahasa Tenggara Jani Rolos, S. Sos  menggelar Rakor di awal masuk kantor setelah cuti bersama dalam rangka idufitri. Beliau juga secara resmi membuka rakor tersebut.
Dipora Mitra

Rakor ini menitikberatkan pada Kepala Sekolah maupun Guru. Tugas seorang Kepala Sekolah (Kepsek) dapat dikelompokan menjadi tiga, yaitu administrasi material, administrasi personel dan administrasi kurikulum. Administrasi material, meliputi bidang-bidang material
sekolah, seperti ketatausahaan sekolah, keuangan, perlengkapan, dan lain-lain, sedangkan administrasi personil, mencakup administrasi keguruan, kemuridan, dan pegawai sekolah lainnya, jelasnya. "Ini yang perlu dipahami oleh para Kepsek untuk kiranya melaksanakan tugas dengan kesesuaiannya," Ujarnya lagi.
Ditegaskan pula bahwa perlu juga dipahami mengenai administrasi kurikulum, yang mencakup penyusunan, pembinaan dan pelaksanaan kurikulum. "Sebagai pemimpin yang ditugasi mengelola manajemen sebuah lembaga pendidikan, seorang Kepsek  dikatakan berhasil apabila dapat mengarahkan ketiga administratif pendidikan tersebut untuk pengembangan aktifitas pengajaran dan belajar siswa dengan baik. Tentunya hal ini juga perlu dipahami oleh semua Guru yang ada" jelasnya.
Rakor ini diikuti oleh Kepsek mulai dari tingkat TK, SD, SMP, dan SMA/SMK serta kepada UPTD dan Pengawas Pendidikan dari 12 kecamatan. Rolos menegaskan, "agar dapat tercipta sinergisitas dan pemahaman bersama antara Kepsek dan para guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan pendidikan di Kabupaten Minahasa Tenggara.(James)

Posting Komentar