Oboth : Galakkan Gerakan Mengantar Anak ke Sekolah | Reportase Sulawesi Utara       Oboth : Galakkan Gerakan Mengantar Anak ke Sekolah | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut - Pemerintah Kota Bitung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, tepatnya Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) menghimbau masyarakat untuk mengantarkan anak - anaknya pada hari pertama masuk sekolah yang jatuh pada tanggal 13 Juli 2015 pekan depan, Kamis (09/07).


Sebagaimana yang diungkapkan oleh Kabid Dikmenti Dikbud Kota Bitung, Eddi Oboth ST. ”Gerakan Mengantarkan Anak ke Sekolah ini merupakan salah satu upaya agar orang tua dapat mengambil peran sebagai rekan terbaik bersama Guru dan Sekolah.

Ketika ayah dan ibu mengantarkan anaknya ke sekolah, itu berarti telah menitipkannya kepada guru dan itu akan akan menjadi tanggungjawab guru sebagai orang tua mereka dilingkunga sekolah, guru hanya memeinta kepada orang tua hanyalah kehadiran orang tua, agar anak mereka bisa semangat dalam belajar. Kita ingin membangun suasana baru, berpartner dengan orang tua, katanya.

Menjalin kemitraan antara guru dan orang tua merupakan hal yang penting, mengingat orang tua adalah pertama kali mendidik anaknya dirumah. Sayangnya, kedudukannya mereka dalam mendidk anaknya, orang tua sering kali tidak tersiapkan. Di usia anak yang masih dini, pendidikan yang paling mewarnai mereka adalah orang tua, karena itu kita harus  pastikan bahwa orang tua adalah pendidik yang terbaik, jelasnya.

Ditambahkannya, peran orang tua terhadap keberbakatan anak adalah orang tua sebagai pendidik (educator) yang artinya, orang tualah dalam proses pendidikan anak dapat memainkan peran dalam pembentukan pribadi dan moral, bahkan meletakkan dasar dalam kecakapan hidup, tegasnya.

Orang tua sebagai motivator bahwa orang tua dapat memotivasi anak dan mendorongnya baik langsung, sehingga membuat anak - anak menyukai kegiatan belajar dan bekerja dan  supporter, bahwa untuk memberi dukungan baik moril maupun materiil yang sangat diperlukan anak untuk melakukan belajar baik di rumah maupun kepentingannya di sekolah, pungkas Obboth.

Posting Komentar