Ciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama, Seluruh Ormas Buat Kesepakatan Damai | Reportase Sulawesi Utara       Ciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama, Seluruh Ormas Buat Kesepakatan Damai | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut - Diruang sidang Lantai IV Kantor Walikota Bitung, Selasa (11/08) diadakan pertemuan antara Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bitung, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Rokopimda) Kota Bitung, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan seluruh Organisasi Masyarakat (Ormas) Kota Bitung dalam kesepakatan damai tentang stabilitas keamanan Kota Bitung.

Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota, Drs Edison Humiang MSi didampingi oleh Forkopimda Kota Bitung yakni, Dandim 1310 Bitung, Letokl Inf Rofiq Yusuf, Waka Polres Bitung, Kompol Bargani, Kasi Intel Kejari Bitung, Slamet SH dan Kakandepag Bitung, Ulyas Taha, rapat tersebut berjalan dengan aman dan lancar.

Humiang dalam sambutannya mengatakan,  atas nama Pemerintah Kota Bitung sangat mengapresiasi positif terhadap kegiatan ini, karena merupakan pemantapan kesepakatan bersama antar umat beragama dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama guna menghindari dari isu - isu yang ingin menghancurkan kebersamaan.

 “Mari kita bersama menjaga kerukunan umat beragama yang sudah mendarah daging bagi masyarakat kota Bitung , sehingga tidak mudah diprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab“, tuturnya.

Pertemuan yang diisi dengan dialog bersama tentang bagaimana menghindari konflik yang dapat merusak Persatuan dan Kesatuan dengan membangun komunikasi antar umat beragama serta menampik isu - isu melalui media sosial yang kenyataannya tidak pernah terjadi, jelasnya.

Pemerintah Kota Bitung bersama aparat Polri dan TNI telah melakukan sosialisasi serta melaksanakan kamtibmas disetiap Kecamatan. untuk itu dimintakan bagi seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh elemen masyarakat dapat mendukung terhadap pelaksanaan ini dengan berperan aktif dalam kamtibmas, pungkasnya.

Sedangkan undangan yang ikut hadir dalam undangan ini yaitu, Ketua FKUB Bitung, Pdt Frangki Kalalo MTh, Ketua BKSAUA, Pdt Selvi M Mapase MTh, Ketua Bamag, Pdt Raimon Manoppo STh, Ketua Forkom Adat, Pdt Stefanus.Sumolang, Ketua Pakasaan, Yorry Lausan, Ketua Minahasa Raya, Rommy Mamesah, Ketua Gamki, Teddy Wowor, Ketua PHBI, Abdul Latif Tahir, Ketua BSM, Sapiing Palakua, Ketua MUI, Hi AR Kaluku, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Bitung diwakili Sekertaris, Hasan Suga dan Ketua FKDM, Moctar Parapaga.

Untuk menjaga stabitas keamanan dan kemajuan Kota Bitung kedepan, dalam pertemuan ini, seluruh undangan terkait yang hadir serta disaksikan pejabat, TNI – Polri, para Ormas menyatakan sepakat aman dan damai. Namun kesepakatan ini belum ada penandatanganan, karena, Humiang sampaikan, masih ada pertemuan lanjut.

Posting Komentar