" Diduga Tersangka Traficking Anak Polisi " Anggota KPS Bitung Amankan Empat Perempuan Masih Dibawah Umur | Reportase Sulawesi Utara       " Diduga Tersangka Traficking Anak Polisi " Anggota KPS Bitung Amankan Empat Perempuan Masih Dibawah Umur | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut - Anggota Kepolisian Pelabuhan Samudera (KPS) Bitung, Sulawesi Utara, Senin (10/08), Pukul 17.30 Wita, didermaga pelabuhan umum mengamankan 4 orang wanita yang merupakan sebagai korban perdagangan manusia (Human Trafficking) yang akan diberangkatkan ke Papua dengan KM Dorolonda, Selasa (11/08).

Kanit Intel KPS, Aiptu Degy Pateh saat dikonfirmasi lewat telefon mengatakan, saat itu sedang melakukan penjagaan diseputaran dermaga, melihat para korban dengan postur badan kecil akan naik tangga kapal. Merasa curiga, kami langsung lakukan pemeriksaan tiket penumpang, kami temukan mereka sebagai penumpang transit.

Kami tidak tahu, apakah ini permainan dari penjualan tiket, yang jelas, mereka akan menggelabui petugas sehingga tiket mereka tertulis seperti. Maka dari itu, pihak kami langsung menanyakan tujuan keberangkatan mereka, ujar Pateh.

Untuk melakukan pengembangan, pihak KPS langsung menulusuri saudaranya diatas kapal dan ternyata, yang dianggap saudaranya masih berada diterminal penumpang. Disaat kami dekati, mereka kabur dengan mobil Avansa berwarna putih. Sehingga, ke - 4 orang perempuan langsung diserahkan ke penyedikik Reskrim Polsek KPS untuk mengembangkan kasus, ujar Pateh.

Sedangkan pengakuan salah satu korban Human Traficking bernama ST alias Syafa (17) warga Kota Manado menerangkan, dianggap saudaranya itu perempuan bernama Egi Samboside (30) warga Kota Manado yang mengajak mereka berangkat ke Jayapura untuk diperkerjakan disalah satu pub yang ada didaerah Papua (Jayapura). Dengan iming – iming uang banyak, tanpa sepengatahuan orang tua, kami menurutinya.  

Dari ke - 4 orang korban tersebut, mereka akan diberangkatkan dengan KM Dorolonda yakni,  ST alias Syifa (17) warga Aermadidi, MP, (17) alias Meilan (17) warga Aermadidi, LT alias Lia (20
) warga Kota Manado dan AT alias Aimi warga Kota Manado.

Kapolres Bitung, AKBP Reindolf Unmehopa melalui Kapolsek KPS Bitung, AKP Darmanto Nasirun SPd menjelaskan, saat masuk didalam pelabuhan, mereka menggunakan mobil Avanza yang diduga mobil dari Minut. Sebelum berangkat, mereka ditampung disalah satu kos – kasan yang ada di Minut.

Dari temuan anggota kami dilapangan, bahwa para korban diajak oleh perempuan yang bernama Egi Samboside (30), dimana, saat anggota kami mengamankan para korban di Polsek KPS, dirinya datang kekantor dan mencoba membentak – bentak anggota kami dengan mengadu kepada ayahnya berpangkat Kompol yang bertugas di Polda Sulut. Tak lama kemudian, para korban diajak keluar dan dibawa kabur dengan mobil.

Lanjutnya lagi, disaat para korban dibawa kabur oleh anak Polisi, Kanit Serse mengejar mereka sampai diperbatasan Kota Bitung, namun Kanit Serse tak berhasil menangkap mereka. Kemudian dia memberikan kabar kepada saya, sehingga saya langsung menelfon ayahnya yang bertugas di Polda Sulut, agar para korban dipulangkan kembali ke Polsek KPS Bitung untuk menunggu keluarga mereka masing – masing, pungkas Darmanto.  

Posting Komentar