Pilwako Bitung : KPU Membantah Adanya Isu Meloloskan Salah Paslon Perseorangan | Reportase Sulawesi Utara       Pilwako Bitung : KPU Membantah Adanya Isu Meloloskan Salah Paslon Perseorangan | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut - Mulai terdengar informasi dan isu berkembang tentang adanya salah satu Paslon perseorangan yang akan diloloskan oleh KPU dan panitia penyelenggara Pemilu, dalam hal ini PPS, untuk meloloskan Paslon tersebut, KPU Kota Bitung bisa menggunakan data dukungan milik pasangan perseorangan, Kamis (13/08).

Proses untuk tahapan verifikasi faktual terhadap berkas dukungan pasangan calon perseorangan,  bahwa proses verifikasi faktual ini bakal digelar di KPU dan tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) sampai tanggal 19 Agustus nanti, selanjutnya, KPU akan melangsungkan penetapan pasangan calon perseorangan yang akan lolos, dimana akan diumumkan pada tanggal 24 Agustus 2015.

Adanya informasi yang ditemukan oleh salah satu LO, dimana namanya tak mau disebutkan mengatakan, KPU Kota Bitung dikabarkan akan memaksakan dan meloloskan salah satu pasangan calon yang sudah jelas - jelas berkas dukungannya banyak yang ganda. ”Kuat indikasi, salah satu pasangan calon yang syarat dukungannya sangat minim bakal akan diloloskan oleh pihak penyelenggara dengan cara mengambil berkas dukungan pasangan calon lainnya.

Terkait nama pasangan yang akan dipaksakan untuk diloloskan oleh KPU dengan cara menggunakan data dukungan pasangan lain, ia menyatakan belum mengetahuinya, namun dengan tegas menghimbau kepada setiap LO dan masyarakat pemberi dukungan agar menjaga berkas dukungan telah diberikan kepada salah satu pasangan calon, tidak menutup kemungkinan berkas dukungan yang diberikan bakal digunakan pasangan calon lainnya, jelasnya.

Menanggapi adanya indikasi tersebut, beberapa wartawan mencoba menanyakan hal ini kepada Ketua KPU Kota Bitung, Sammy Joseph Rumambi ST MSi dalam keterangannya menjelaskan, bahwa indikasi seperti itu tuidak betul, kami masih memproses verifikasi faktual terhadap berkas pasangan calon perseorangan yang sementara ini sedang berjalan sesuai dengan tahapan dan prosedur yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Kami minta kepada warga yang memberikan dukungan kepada Paslon, LO dan wartawan, yang telah memberikan informasi seperti ini, jangan langsung ditanggapi, karena pihak kami tidak ada pemaksaan untuk meloloskan pasangan calon tertentu. Semuanya harus mengikuti tahapan dan prosedur verifikasi faktual. Untuk kabar, kami akan loloskan salah Paslon, hanya isu belaka, pungkasnya.

Posting Komentar