Selamatkan Pesisir, Selamatkan Masa Depan Dunia " Save Our Littoral Life, Save The Future Wolrd " | Reportase Sulawesi Utara       Selamatkan Pesisir, Selamatkan Masa Depan Dunia " Save Our Littoral Life, Save The Future Wolrd " | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut - Memasuki hari kedua (H-2) digelarnya puncak acara Save Our Littoral Life (SOLL) yang dilaksanakan di Pantai Malalayang. Sabtu esok (15/08), Kota Manado akan digelar beberapa serangkaian acara gladi kotor penyelaman dan enanaman terumbu karang, upacara di laut, check sound live SCTV, finishing tempat panggung hiburan rakyat di atas laut yang dibangun di atas tongkang Putra Kapuas V dan diakhiri dengan press conference, Jumat (14/08).

Acara diprakasai oleh Korps Marinir TNI AL (Kormar), Panitia Pusat Kormar dan Satgas (Satuan Tugas) Marinir SOLL Malalayang yang didukung penuh oleh Lantamal VIII Manado dan Yonmarhanlan VIII Bitung, masyarakat dan instansi terkait di Manado, Sulawesi Utara.  

Kegiatan Gladi Kotor tersebut, Kadispen Kormar, Letkol Marinir Suwandi didampingi oleh Pgs Kadispen Lantamal VIII Manado, Mayor Laut (KH) Budiyanto SH menyampaikan, menjelang kegiatan hari kedua puncak acara penanaman terumbu karang yang akan dilaksanakan di Pantai Malalayang, secara serentak akan disiarkan secara Live.

Perlu diketahui oleh seluruh kalangan Internasional dan Nasional, lebih khusunya mayarakat Sulawesi Utara sekitarnya, bahwa acara tersebut dihadiri oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo. Maka dari itu, akan disiarkan di tiga tempat di Indonsesia yakni, Pantai Malalayang, Sulawesi Utara (Manado), Pantai Dapang Pulau We Aceh dan Pantai Tapal Kuda Airsalabor Ambon, ujarnya.

Sedangkan untuk penanaman terumbu karang dilaksanakan di 51 titik tempat seluruh Indonesia, dengan penanaman sejuta bibit terumbu karang. Kegiatan ini untuk mendukung kebijakan pemerintah, untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Untuk itu, masyarakat dan instansi terkait ikut bergabung bersama Korps Marinir TNI AL untuk menyelamatkan terumbu karang Indonesia, jelasnya.

Untuk puncak acara penanaman terumbu karang yang akan digelar besok, Sabtu (15/08) di Pantai Malalayang, melibatkan 500 orang penyelam gabungan dari prajurit Korps Marinir dan TNI AL, unsur TNI/Polri dan Club - Club Diving serta masyarakat. Kegiatan akan dipimpin oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar), Mayor Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana, dihadiri Menko Kemaritiman RI. Dengan Tema Save Our Littoral Life, Save The Future Wolrd. “Selamatkan Pesisir, Selamatkan Masa Depan Dunia”, pungkasnya.  

Gladi Kotor hari “H-2” tersebut, dihadiri oleh Kas Kormar Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, Danlantamal VIII diwakili oleh Aslog Danlantamal VIII Manado, Letkol Laut (T) Pat Rubedo, seluruh panitia pusat Kormar dan Satgas (Satuan Tugas) Marinir SOLL Malalayang, unsur Pamtup Pambuka, Penerangan Dukkes Lantamal VIII dan penyelam gabungan dari prajurit Korps Marinir dan TNI AL, penyelam unsur TNI/Polri dan penyelam dari club-club diving, serta wartawan media cetak dan elektronik.

Posting Komentar