Kadiskes Lantamal VIII Manado Bacakan Amanat Dalam Rangka HARKESAL TAHUN 2015 | Reportase Sulawesi Utara       Kadiskes Lantamal VIII Manado Bacakan Amanat Dalam Rangka HARKESAL TAHUN 2015 | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut - Dalam Rangka Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut (Harkesal) yang diselenggarakan di Cilangkap Jakarta (Pusat) pada 09/10/2015, maka dari itu, dilapangan apel Mako Lantamal VIII Manado, Senin 12/10/2015, diadakan pembacaan amanat Asisten Personel Kasal Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo SH MM oleh Kadiskes Lantamal VIII Letkol Laut (K) Steven Toar Sambouw SH SKep.

Peringatan Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut Tahun 2015, bertema “Dengan Semangat Harkesal 2015 Kita Tingkatkan Derajat Kesehatan Prajurit dan Keluarganya Menuju Angkatan Laut yang Berkelas Dunia”.

Letkol Laut (K) Steven Toar Sambouw SH SKep dalam sambutannya mengatakan, keberadaan segala fasilitas seperti sarana dan prasarana kesehatan yang dimiliki sampai dengan saat ini, utamanya ditujukan bagi personel TNI Angkatan Laut dan keluarganya. Pada dasarnya, fasilitas kesehatan TNI Angkatan Laut ada karena keberadaan personel TNI Angkatan Laut.

Suatu hal yang sangat tidak benar, apabila kita dinilai bagus pelayanannya terhadap masyarakat umum, sedangkan pelayanan terhadap personel TNI Angkatan Laut beserta keluarnya dinilai buruk. Oleh karena itu, utamakan pelayanan yang terbaik untuk personel TNI Angkatan Laut beserta keluarganya dan jadikan hal ini sebagai prioritas utama yang harus dilaksanakan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI Angkatan Laut beserta keluarganya, ujar Steven.

Sedangkan Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo SH MM menjelaskan, semenjak diberlakukannya UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun, Tanggal 12 November 2013 tentang pelayanan kesehatan pada jaminan kesehatan nasional yang mulai berlaku sejak 1 Januari 2014, bahwa fungsi pelayanan kesehatan mengikuti ketentuan yang dibuat BPJS kesehatan.

Memang ada perbedaan dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada personel TNI Angkatan Laut dan keluarganya, dibandingkan dengan sebelum diberlakukannya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui BPJS kesehatan. Dimana pelayanan dengan sistem yang baru dipandang lebih berbelit dan tidak praktis, karena harus berjenjang melalui PPK 1 baru ke PPK lanjutan, ujar Djoko.

Dijelaskan pula, dari 128 tempat pelayanan kesehatan (Satkes, BP dan PK) yang ada di lingkungan TNI Angkatan Laut untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada prajurit, PNS TNI Angkatan Laut dan keluarganya ternyata masih 42 BP dan PK TNI Angkatan Laut tidak siap dikarenakan keterbatasan sarana serta prasarana, sumber daya manusia dan material kesehatan, jelas Djoko.

Kesempatan ini juga, diumukan pula hasil lomba kebersihan Rumah Dinas Lantamal VIII Manado, diaman hadiah secara langsung diserahkan oleh Komandan Lantamal VIII Manado, Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir SE MSc  menyampaikan bahwa lomba kebersihan ini adalah sebagai motivasi agar kesadaran tentang arti kebersihan bagi diri sendiri adalah sangat penting dan nantinya menurut Komandan Lantamal VIII akan diadakan penilaian serupa setiap tri wulan, pungkas Djoko.

Posting Komentar