Ibu – Ibu Korcab 8 Daerah Jalasenatrri Armada Timur, Sosialisasi Tentang Penyakit Kanker | Reportase Sulawesi Utara       Ibu – Ibu Korcab 8 Daerah Jalasenatrri Armada Timur, Sosialisasi Tentang Penyakit Kanker | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut.com - Sosialisasi mengenai seputar penyakit kanker oleh yayasan pelayanan informasi kanker yang diselenggarakan dalam menyambut HUT Armada RI tahun 2015, Selasa (01/12), oleh ibu - ibu Jalasenastri Korcab 8 Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT), Rabu (02/12).

Kegiatan ini merupakan kepedulian dan komitmen bersama ibu - ibu Korcab 8 DJAT guna kesehatan pribadi maupun keluarga. Ini diungkapkan oleh Ketua Korcab 8 DJAT, Rosa Manahan Simorangkir disela - sela acara.

Penyakit kanker dalam istilah, mencakup sekelompok kompleks lebih dari berbagai jenis penyakit. Kanker dapat mempengaruhi hampir setiap organ dalam tubuh manusia, maka itu banyak orang terkejut ketika mengetahui kanker yang dapat mempengaruhi bagian - bagian tubuh seperti mata dan jantung. Setiap jenis kanker khas dengan penyebab, gejala, dan metode pengobatan yang berbeda, kelompok penyakit yang lain, beberapa jenis kanker ada yang lebih umum daripada yang lain, ujar Rosa.

Organ dalam tubuh kita terdiri dari sel – sel yang membagi dan mengalikan sebagai kebutuhan tubuh. Ketika sel tersebut terus bertambah banyak saat tubuh tidak membutuhkannya, hasilnya adalah suatu massa atau pertumbuhan, ini disebut dengan penyakit tumor bahkan pertumbuhannya bisa jinak atau ganas. “Jinak dianggap non - kanker (Tumor) dan kanker ganas dianggap kanker”. Tumor jinak jarang mengancam kehidupan dan tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh. Sedangkan Tumor jinak sering dapat dihilangkan, jelas Rosa.

Sel dalam tumor ganas memiliki kemampuan untuk menyerang jaringan dan organ disekitarnya, sehingga penyebaran penyakit, mungkin bagi sel kanker untuk memisahkan diri dari tumor dan memasuki aliran darah, sehingga terjadi penyebaran penyakit ke organ lain. Proses penyebaran ini disebut metastasis, pungkas Rosa.

Apabila kanker telah menyebar dan telah mempengaruhi area lain dari tubuh, penyakit ini masih mengacu pada organ originasi. Sebagai contoh, jika kanker serviks menyebar ke paru – paru itu disebut kanker serviks, bukan kanker paru - paru . Meskipun sebagian besar kanker berkembang dan menyebar dengan cara ini (Melalui Organ), namun kanker darah seperti leukemia tidak mempengaruhi darah dan organ - organ yang membentuk darah dan menginvasi jaringan di dekatnya.

Posting Komentar