Para Wanita Ambil Alih Komanda Upacara Peringatan “Hari Ibu” ke - 87 di Lantamal VIII Manado | Reportase Sulawesi Utara       Para Wanita Ambil Alih Komanda Upacara Peringatan “Hari Ibu” ke - 87 di Lantamal VIII Manado | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut.com - Di Mako Lantamal VIII Manado dilaksanakan upacara Peringatan hari Ibu ke - 87 tahun 2015. Upacara kali ini terasa berbeda dan menarik, dimana seluruh petugas upacara dilaksanakan oleh Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) dan PNS wanita. Bertindak selaku Inspektur Upacara Asrena Danlantamal VIII Manado, Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna, Selasa (22/12).

Tahun 1938, kongres perempuan Indonesia ke - III di Bandung menyatakan, bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Selanjutnya, dikukuhkan oleh pemerintah dengan keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959 tentang, Hari Nasional yang bukan hari libur tertanggal 16 Desember 1959. Menetapkan Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan Hari Nasional dan bukan Hari libur, tahun 1946.

Badan ini menjadi Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) yang sampai saat ini terus berkiprah sesuai aspirasi dan tuntutan zaman. Peristiwa besar yang terjadi pada tanggal 22 Desember, kemudian dijadikan tonggak sejarah bagi kesatuan pergerakan perempuan Indonesia.

Hari Ibu oleh bangsa Indonesia diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai seorang Ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh, baik sebagai Ibu dan Istri maupun sebagai warga Negara, warga masyarakat dan sebagai abdi Tuhan Yang Maha Esa, serta sebagai pejuang dalam merebut, menegakkan dan mengisi Kemerdekaan dengan pembangunan Nasional.

Peringatan Hari Ibu dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda, akan makna Hari Ibu sebagai hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa. untuk itu perlu diwarisi api semangat juang guna senantiasa mempertebal tekad untuk melanjutkan perjuangan Nasional menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Semangat perjuangan kaum perempuan Indonesia, tercermin dalam lambang Hari Ibu berupa setangkai bunga melati dengan kuntumnya, menggambarkan kasih sayang kodrati antara ibu dan anak. Kekuatan kesucian antara ibu dan pengorbanan anak dan kesadaran wanita untuk menggalang kesatuan dan persatuan serta keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara.

Tema yang diangkat pada peringatan Hari Ibu tahun 2015 kali ini “ Kesetaraan perempuan dan laki - laki dalam mewujudkan lingkungan yang kondusif untuk perlindungan perempuan dan anak ”.

Turut hadir dalam upacara peringatan Hari Ibu ke - 87 Tahun 2015 kali ini, Asisten Danlantamal VIII, Kasatker Lantamal VIII, Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Lantamal VIII. Bertindak selaku Komandan Upacara Mayor Laut (KH/W) Csiska Cerina Wuwung S Ik.


Posting Komentar