Perjalanan Sejarah TNI Angkatan Laut Lahir Pada 5 Desember 1959 | Reportase Sulawesi Utara       Perjalanan Sejarah TNI Angkatan Laut Lahir Pada 5 Desember 1959 | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut.com - Setiap tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Armada Republik Indonesia, yang merupakan bagian dari perjalanan sejarah TNI Angkatan Laut. Kembali dari sejarah yang mengingatkan kita akan cerita / sejarah hari Armada RI, sebelum NKRI berdiri, para pemimpin Kerajaan Sriwijaya di abad ke - 7 hingga ke - 13 dan Kerajaan Majapahit di ujung abad ke - 12 hingga ke – 15, Sabtu (05/12).

Ini merupakan bukti dan kemampuan dalam menggunakan wilayah strategis perairan Indonesia dari sisi geopolitik dan geostrategi ”Kesultanan” kecil seperti memerintahkan “juru bayarnya”, Kementerian keuangan dalam konteks Indonesia hari ini untuk membangun armada laut sangat besar dengan 375 kapal perang raksasa kelas “Jung Jawa” dalam kurun waktu 1 tahun saja, mempersenjatai dan mengerahkan armada kesultanannya dalam1.000 personel setiap kapalnya.

Ratu kalinyamat pada tahun 1550 mengirim 4.000 tentara Jepara dalam 40 buah kapal, memenuhi permintaan Sultan Johor untuk membebaskan Malaka dari bangsa Eropa. Armada Jepara ini kemudian bergabung dengan armada pasukan persekutuan melayu hingga mencapai 200 kapal perang dan pasukan gabungan tersebut menyerang dari utara dan berhasil merebut sebagian Malaka. 

Cerita tentang Ratu Kalinyamat memang tidak berakhir dengan digelari duchesse atau lord dari Kerajaan Inggris Raya, tetapi namanya ditulis dalam sejarah Portugis dengan julukan yang menggetarkan hati Rainha de Jepara “Senora Pade Rosa se Rica” (Ratu Jepara yang penuh kekuatan dan kekuasaan). Hari ini kemampuan armada laut kita sangat jauh dari apa yang seharusnya kita miliki. 

Cikal bakal berdirinya Armada Republik Indonesia sebagai bagian dari perjalanan sejarah TNI Angkatan Laut. Sesuai dengan tuntutan perkembangan situasi saat itu, maka harus dilakukan penataan organisasi untuk dapat melakukan koordinasi dalam membangun suatu kekuatan keamanan laut.

Berdasarkan Skep Kasal Nomor A 4/2/10, tanggal 14 September 1959, ditetapkan berdirinya Armada Angkatan Laut RI yang menggabungkan seluruh jajaran kekuatan tempur laut ke dalam Armada ALRI. Namun mengingat berbagai hal, maka pelaksanaan upacara peresmian Armada ALRI tersebut baru dapat terlaksana pada tanggal 5 Desember 1959. Sejarah inilah yang menjadikan dasar peringatan hari Armada yang kita laksanakan setiap tahunnya.

Peringatan Hari Armada tahun 2015, akan diperingati secara meriah oleh  Lantamal VIII Manado di komplek Megamas, depan KFC/Mc Donald Megamas pada hari Senin, 07 Desember 2015 mulai pukul 15.00 Wita. Pelaksanaan upacara bersama unsur TNI / Polri, unsur Maritim serta Saka Bahari.

Tidak ketinggalan pula akan ada atraksi dari personel Lantamal VIII Manado, Yon Marhanlan VIII, ibu - ibu Korcab 8 Daerah Jalasenastri Armada Timur berupa kolone senapan, bongkar pasang senjata dan Bela Diri Militer (BDM) serta penampilan Marching Band SMP Hangtuah Manado yang sayang untuk dilewatkan.

Posting Komentar