Kapal Patroli KN Gajah Laut – 4804 Buatan Dalam Negeri | Reportase Sulawesi Utara       Kapal Patroli KN Gajah Laut – 4804 Buatan Dalam Negeri | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut.com - Badan Keamanan Laut (Bakamla) area maritim tengah yang berpusat di Kota Manado, Sulawesi Utara, mendapat ketambahan kapal patroli baru Kapal Negara (KN) Gajah Laut 4804, Jumat (19/02).

Kapal ini dibangun di dalam negeri dengan bodi terbuat dari besi baja bagian bawah dan aluminum alloy bagian atas. Membawa 26 kru dan memiliki panjang 48,5 meter dan lebar 7,80 meter. Kapal yang menggunakan mesin MAN 12 valve 2 unit dengan kekuatan masing - masing 1800 horse power.

Dengan kecepatan 20 knot, nantinya bertugas mengamankan laut Indonesia terutama memburu para pelaku illegal fisihing atau pencuri ikan serta memberantas kejahatan diarea laut Sulawesi hingga Lombok.

Peresmian kapal puluhan miliaran ini, Kamis (18/02), diresmikan oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey didampingi Wagub Sulut, Steven Kandouw dan Wakil Walikota Bitung, Maxilian J Lomban, di dermaga umum Pelabuhan Samudera Bitung.

Gubernur Sulut memberi apresiasi kepada Bakamla Pusat yang memberi tambahan kapal patroli baru, sehingga sumber daya alam khususnya perikanan di perairan Sulawesi Utara dan sekitarnya tidak dicuri oleh kapal asing.

Olly Dondokambey bahkan berjanji akan memberi dukungan berupa penyediaan lahan bagi Bakamla Area Maritim Tengah, jika nantinya Bakamla akan membangun pangkalan di Sulawesi Utara.

Dengan ketambahan kapal Patroli baru ini, Bakamla Area Maritim Tengah sudah memiliki 2 kapal patroli sejenis. Sebelumnya Baklamla sudah mengoperasikan KN Singa Laut 4802 dengan bobot tonase yang sama dan berpangkalan sementara di Kota Bitung.

Meski sudah mendapat tambahan kapal patroli baru, pihak Bakamla memang masih kekurangan armada, karena cakupan area pengawasan laut sangat besar.

Kepala Bakamla Area Maritim Tengah, Anang Hidayat mengakui untuk mengisi kekurangan armada itu, Bakamla juga bekerjasama dengan pihak TNI - AL, Bea Cukai dan Basarnas dan instansi teknis lainnya.

Usai peresmian, rombongan Gubernur Sulut meninjau anjungan kapal. Mereka mendapat  penjelasan dari kapten kapal patroli KN Gajah Laut, Pulung Nugroho. Olly DondoKambey bahkan mencoba duduk di kursi komando kapten.

Posting Komentar