Korcb VIII Manado DJAT Sulap Lahan Tidur Menjadi Subur | Reportase Sulawesi Utara       Korcb VIII Manado DJAT Sulap Lahan Tidur Menjadi Subur | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut.com - Lahan seluas ± 2 Ha yang berlokasi di kelurahan Paniki Kecamatan Mapanget Kota Manado ini sebelumnya merupakan lahan tidur yang terabaikan, kemudian oleh Lantamal VIII Manado, khususnya Jalasenastri Korcab VIII DJAT berusaha untuk merubah tampilan dan fungsinya agar lebih bermanfaat, Selasa (16/02).

Ibu Rosa Manahan Simorangkir selaku Ketua Korcab VIII DJAT didampingi Wakil Ketua Korcab dan pengurus Korcab VIII DJAT, berkesempatan untuk panen perdana beberapa tanaman siap panen yakni, cabai, bayam dan kangkung. Hal ini, guna memaksimalkan luas lahan yang ada dan sistem yang dipakai dikebun adalah tumpang sari. Dimana, ada beberapa tanaman yang ditanam jadi satu dilahan sama dengan berselang - seling contohnya jagung dan kangkung.

Dengan pengalaman dan pengetahuan beberapa personel dibidang pertanian, maka dimulailah proyek “hidup” sejak tiga bulan yang lalu dan saat ini telah dirasakan serta tampak hasilnya. Dengan semangat ibu - ibu Jalasenastri Korcab VIII Daerah Armada Timur (DJAT) memanen beberapa tanaman kebun / konsumsi yang telah layak dikonsumsi termasuk, cabai meriah keriting, bayam dan kangkung.

Lahan ini digarap dengan betul, sehingga hasil pertanian bisa maksimal dan kita tersadarkan akan potensi sumber daya alam yang besar serta bertambah semangat untuk bertani. Berkebun dilahan tidur / lahan yang kurang produktif mungkin membuat sebagian orang malas untuk memulai usaha perkebunan, tetapi itu semua tidak berlaku bagi Lantamal VIII khususnya ibu - ibu Korcab VIII DJAT.

Kedepan nanti, kegiatan ini dapat menjadi contoh dan awal dari paradigma baru. Yang sebelumnya banyak warga lebih memilih membeli sayur dibandingkan dengan menanam sendiri, namun perlahan pandangan masyarakat mulai berubah dan mulai optimis melihat lahan tidur bisa dimanfaatkan secara ekonomi lebih menghasilkan.
         

Posting Komentar