BMKG Manado : Pantai Firdaus Kema Tempat Paling Strategis Melihat Gerhana Matahari | Reportase Sulawesi Utara       BMKG Manado : Pantai Firdaus Kema Tempat Paling Strategis Melihat Gerhana Matahari | Reportase Sulawesi Utara

Reportase Sulut.com - Gerhana Matahari yang disebut dengan fenomena alam, Rabu pagi (09/03), Pukul 06.00 Wita hingga 10.00 Wita, sebagian akan melintas di daerah Sulawesi Utara, Selasa (08/03).

Meski bukan gerhana total, namun warga Sulawesi Utara dihimbau tidak melihat langsung gerhana matahari dengan mata telanjang, karena radiasi cahaya gerhana matahari bisa membakar retina mata dan mengakibatkan kebutaan.

Dari Informasi melalui Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Edward Lengko sendiri memperkirakan pesisir  timur pantai Sulut, merupakan lokasi ideal untuk melakukan pengamatan visual, karena lokasinya berada dekat dengan lintasan gerhana matahari.

Untuk masyarakat yang ada di Kota Bitung, fenomena alam tersebut bisa ditonton secara langsung melalui Internet video streaming. Bagi yang ingin melihat secara langsung gerhana matahari bisa langsung ke Pantai Firdaus Kema, Kabupaten Minahasa Utara, ucap Edward.

Bagi Anda yang tidak bisa melihat gerhana matahari total, bisa diakses melalui streaming langsung melalui website di http: //media.bmkg.go.id/gmt, yang juga menampilkan video live streaming pengamatan BMKG dari seluruh daerah di Indonesia melalui live streaming disejumlah saluran, jelas Edward.
Gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian di wilayah Indonesia adalah, Muko - Muko, Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Ternate, dan Maluku Utara. Adapun lokasi gerhana matahari sebagian adalah Banda Aceh, Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Denpasar, Kupang, Manado, Makasar, Ambon, dan Jayapura, pungkas Edward.

Posting Komentar