Lomban Hadiri Musrenbang RPJMD Provinsi Sulawesi Utara | Reportase Sulawesi Utara       Lomban Hadiri Musrenbang RPJMD Provinsi Sulawesi Utara | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut.com - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pebangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sulawesi Utara Periode 2016 - 2021 yang dilaksanakan di Sutan Raja Hotel, Kalawat, Minahasa Utarau (18/04), dihadiri oleh Walikota Bitung, Maxilian J Lomban.

Pelaksanaan Musrenbang yang dilaksanakan tepat dua bulan setelah kepala daerah  dilantik ini, dibuka oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan dihadiri Pemerintah Pusat melalui Kementrian Eonomi, Kementrian PU dan kementrian Bappenas.

Dalam kesempatan, Lomban mengatakan,  RPJMD  akan mengarahkan percepatan pelaksanaan proyek strategis di Sulut berupa, Jalan Tol Manado - Bitung, Bendungan Kuwil, Pelabuhan Hup Port Bitung serta Membangun Pembangkit Listrik Bertenaga Gas Alam dan Panas Bumi.

Sedangkan khusus Kota Bitung, Pemerintah Pusat akan terfokus pada empat mega proyek yakni Kawasan Ekonomi Khusus, International Hub Port, Tol Manado - Bitung dan Pembangunan Rel Kereta Api Manado - Bitung yang semuanya menjadi prioritas dari Pemerintah Pusat, ujar Lomban.

Menurut pemaparan Kementrian PU PR, di Kota Bitung juga akan dibangun SPAM strategis Industri Kota Bitung, pembangunan bangunan pengaman pantai di Pulau Lembeh dan peningkatan kualitas permukiman kumuh kampung sari kelapa dan pembangunan TPS 3R Bitung yang semuanya masuk dalam program utama dari Pemerintah Pusat untuk Provinsi Sulut 2017, jelas Lomban. 

Sementara itu untuk mewujudkan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia di Kawasan Indonesia Timur, ia mengatakan bahwa  dimensi pembangunan sektor unggulan Kota Bitung adalah industri (Bitung Industrial City) dengan meningkatkan kapasitas tenaga kerja disektor industri, pariwisata dan jasa yang berwawasan global, Kota Bitung akan mampu mewujudkan apa yang menjadi misi membangun Sulut dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Turut hadir Wagub, Drs Steven Kandouw, Sekprov, Ir Siwa R Mokodongan, para Bupati/Walikota, Forkopimda Sulut dan Instansi terkait lainnya.

 

Posting Komentar