Wawali Pantau Langsung Lokasi TPA Kota Bitung | Reportase Sulawesi Utara       Wawali Pantau Langsung Lokasi TPA Kota Bitung | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut.com - Wakil Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri, Selasa (26/04), melakukan kunjungan kerja di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah dalam rangka memantau guna memastikan situasi kondisi serta aktifitas sehubungan dengan program Adipura 2016.

Saat memantau Wawali menanggapi baik atas pengelolaan TPA Bitung, adapun fasilitas penunjang di TPA dalam kondisi rusak dimintakannya untuk segera diperbaiki, agar tidak mempengaruhi jalannya aktivitas di TPA.

Selain itu Wawali juga memantau sistim pengomposan sampah. Dimana, menurutnya agar Dinas Kebersihan bekerjasama dengan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pangan untuk memanfaatkan hasil pengomposan guna  meningkatkan kesuburan fiisik tanah yang bertujuan meningkatkan produksi tanaman.

Pemanfaatan Gas Methane di TPA, menurut Mantiri agar tidak hanya diperunutkan oleh para pemilah sampah di sekitar TPA sebanyak 16 rumah. Namun, jika perlu disalurkan kepada masyarakat sekitar pula jika gas Methane mencukupi. Sebab gas Methane ini bisa dijadikan sebagai pengganti gas yang digunakan untuk memasak oleh masyarakat.

Menurut Kadis Kebersihan, Merianti Dumbela, bahwa Gas Methane digunakan di TPA berfungsi untuk dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Akibat penumpukan sampah, Gas tersebut bisa berfungsi menjaga kelestarian lingkungan TPA yang bisa diperuntukan sebagai kebutuhan gas untuk memasak bagi masyarakat.


Posting Komentar