Kedatangan Ekspedisi Kas Keliling BI Didermaga Samla Bitung Disambut Perwira Lantamal VIII Manado | Reportase Sulawesi Utara       Kedatangan Ekspedisi Kas Keliling BI Didermaga Samla Bitung Disambut Perwira Lantamal VIII Manado | Reportase Sulawesi Utara

Reportase Sulut.com - KRI Singa – 651 yang membawa Ekspedisi Kas Keliling Bank Indonesia, Senin (02/05), Pukul 10.00 Wita, tiba di dermaga Samuel Languyu Satkamla Lantamal VIII Bitung, Selasa (03/05).

Dermaga Samla Bitung menjadi tujuan terakhir Bank Indonesia (BI) melakukan Ekspedisi Kas Keliling di wilayah - wilayah terdepan di Indonesia Timur, setelah sebelumnya dimulai dari Pulau Ternate Maluku Utara pada tanggal 27 April 2016 dan berlanjut ke Pulau Morotai, Pulau Lirung, Pulau Marore, Pulau Sangihe dan terakhir ke Manado (Bitung).

Ekpedisi ini merupakan kegiatan didaerah terpencil dan terluar dihampir seluruh wilayah Indonesia yang bertujuan agar mewujudkan salah satu pilar tugas BI dibidang sistem pembayaran Rupiah. Dimana, tugas Depertemen Pengelolaan Uang Rupiah menyediakan uang Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah, dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai dan kondisi yang layak.

Ekspedisi ini sendiri merupakan bekerjasama BI dan TNI AL sejak 2010, telah menjangkau 48 pulau terpencil dan 92 pulau terluar dan tugas ini sangat relevan dengan TNI untuk menegakkan kedaulatan NKRI sampai dengan wilayah perbatasan.

Hadir dalam kegiatan penyambutan Ekpedisi Kas Keliling BI antara lain, Paban II Sopsal, Kolonel Laut (P) Nur Singgih P, Direktur Departemen Pengelolaan Uang (DPU) Kantor Pusat Bank Indonesia, Luctor E Tapiheru, Asops Pangarmatim, Kolonel Laut (P) Maman Firmansyah, Asops Danlantamal VIII, Kolonel Laut (P) AM Susanto, Deputi Pimpinan BI Manado, Andi Yusnang, Deputi Direktur Departeman Keuangan BI, Hotmina R Purba serta tamu dan undangan.

Dalam kegiatan tersebut, ditampilkan tarian kabasaran. Dimana, tarian ini dikhususkan untuk menyambut para pejabat dan kegiatan selanjutnya diakhiri dengan tukar menukar cindera mata dan foto bersama.


Posting Komentar