Mantiri Meletakkan Batu Pertama Pembangunan IPAL Komunal di Kelurahan Mawali | Reportase Sulawesi Utara       Mantiri Meletakkan Batu Pertama Pembangunan IPAL Komunal di Kelurahan Mawali | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut.com - Wakil Walikota Bitung  Maurits Mantiri, Kapolsek Lembeh Utara dan Babinsa Lembeh Utara, Senin (30/05), melaksanakan peletakkan batu pertama untuk pembangunan IPAL Komunal di Kelurahan Mawali, Kecamatan Lembe Utara.

Kegiatan tersebut dalam rangka Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ( BBGRM ) XIII dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( HKG - PKK ) ke – 44.

“Mantiri mengatakan, pembangunan Instalasi Air Limbah (IPAL) merupakan proyek Dinas Pekerjaan Umum Pusat yang juknisnya dianggarkan ke APBD Kota Bitung. Adanya proyek, masyarakat Kelurahan Mawali bisa merasa lebih mudah dalam dan bisa memanfaatkan dengan baik fasilitas ini”.

Selain mencegah tercemarnya air tanah, air limbahnya juga bisa untuk pupuk tanaman. Kedepan proyek ini bisa digunakan untuk menampung gas yang berasal dari Air besarnya 100 keluarga dan disalurkan kembali ke rumah penduduk yang ada di Kelurahan Mawali, jelasnya.

Perlu diketahui bersama, bahwa yang harus dijadikan contoh untuk disaksikan bersama adalah tempat pembuangan (TPA) yang ada di Kecamatan Aertembaga, yang telah berhasil menampung Air limbahnya dan disalurkan dalam bentuk gas kerumah dengan gratis, bahkan tidak perlu lagi beli gas, kuncinya.

“Acara kemudian dilanjutkan dengan BBGRM dan HKG – PKK yang berlangsung di Sekolah Dasar Kelurahan Mawali, dengan memberikan penyuluhan kepada warga yang hadir kususnya kepada Indutri Kecil Menengah (IKM)”.

Mengutip pernyataan Presiden RI beberapa waktu lalu, Mantiri menggambarkan, bahwa suatu negara dikatakan berhasil kalau IKM nya berhasil, otomatis dan kesejahteraan suatu negara ikut berhasil.


Untuk setiap daerah harus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, maka dari itu, saya berharap agar masyarakat kelurahan Mawali bisa menjadi IKM yang mandiri, bisa berdaya saing dan maju untuk memajukan Kota Bitung.

Posting Komentar