Kucuran Dana Bantuan 20 M, Kementrian PU Dan PR Tinjau Lokasi TPA | Reportase Sulawesi Utara       Kucuran Dana Bantuan 20 M, Kementrian PU Dan PR Tinjau Lokasi TPA | Reportase Sulawesi Utara

Reportase Sulut.com - Tim peninjau lapangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Jumat (28/07), mendatangi Kota Bitung berkaitan kucuran dana bantuan sebesar Rp 20 Miliar bagi warga, Senin (01/08).

Maksuda dan tujuan kedatangan Kementrian PU dan PR dalam hal ini yakni, Kasubdit Air Limbah, Suharsono didampingi Satker PPLP PU Provinsi Sulut, Abu Bakar, untuk memastikan survey penyaluran bantuan khusus pembuatan safety tank gratis yang dikelolah oleh Pemerintah Daerah.

Suharsono mengatakan, bahwa bantuan Rp 20 Miliar disalurkan setiap tahun sebagai respon atas penghargaan Bitung Kota Adipura, selanjutnya menunjang program International Bitung Low Carbon Model Town merupakan satu - satunya Kota di Indonesia dipercayakan oleh dunia.

Selanjutnya Tim Kementiran PU dan PR, meninjau langsung instalasi pengolahan lumpur tinja (IPLT) di Tempat Pengolahan Akhir (TPA) yang berada di Kecamatan Aertembaga, didampingi oleh Walikota Bitung dan Wakil Walikota Bitung, Kadis Kebersihan dan Kadi PU.
Walikota Bitung, Maxilian J Lomban menjelaskan, untuk program sanitasi Pemerintah Pusat di Kot Bitung siap kucurkan dana untuk pembuatan safety tank standarisasi. Dimana, setiap rumah akan dibangun safety tank secara gratis dengan konstruksi tertutup dan tidak akan mencemarkan sumber air tanah serta lingkungan pemukiman.
Sebagai kota yang bersih dan terhindar dari pencemaran laut, udara dan darat, kami pastikan para wisatawan asing akan datang di Kota Bitung. Kami akan tawarkan ke wisatawan bahwa di Kota Bitung bukan hanya udara dan permukaan tanah saja bersih serta didalam tanah juga bersih demi menciptakan lingkungan yang sehat, jelas Lomban.
Sedangkan untuk lumpur tinja, akan disedot secara rutin oleh instansi terkait sebagai bagian pendapatan asli daerah. Saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Bitung agar melakukan pendaftaran pembuatan safety tank standarisasi gratis dan tahun ini disediakan 5000 rumah tangga, tutup Lomban.

Posting Komentar