Lomban : Mari Kita Lestarikan Terumbu Karang di Lembeh Utara | Reportase Sulawesi Utara       Lomban : Mari Kita Lestarikan Terumbu Karang di Lembeh Utara | Reportase Sulawesi Utara

Reportase Sulut.com - Pemerintah Kota Bitung bekerja sama dengan Kementrian Lingkungan Hidup melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang di Kelurahan Posokan, Kecamatan Lembeh Utara, Kamis (18/8).


Kegiatan dibuka oleh Walikota Bitung, Maximiliaan J Lomban mengatakan, tujuan pelaksanaan ini untuk mempertahankan keutuhan dan keberlanjutan hidup terumbu karang yang merupakan hunian berbagai jenis biota laut dan memaksimalkan fungsi terumbu karang.

Terumbu karang merupakan tempat berkembang biak ikan dan bisa juga berfungsi sebagai pemecah ombak, ujar Lomban saat didampingi Ketua POSSI Kota Bitung, Dra Khouni Lomban - Rawung dan Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut serta Kementrian Lingkungan Hidup RI, Januar.

Pemerintah Kota Bitung telah menetapkan 10.000 Ha kawasan konservasi untuk dijadikan rumah ikan dibeberapa. Yang mana, Kota Bitung kedepan nanti akan ditetapkan lokasi diving, tempat memancing bagi para nelayan, sehingga ada sinkronisasi pertumbuhan ekonomi perikanan dan pariwisata, jelas Lomban.

Bagi masyarakat khususnya berada dilokasi pesisir, bisa bekerja sama dengan Pemkot Bitung dalam melestarikan terumbu karang. Hal seperti ini juga, perlu disosialisasikan bagi para siswa disekolah, sehingga mereka memahami arti penting keberadaan terumbu karang bagi ekosistem laut, tutup Lomban.

Mendengar semua penjelasan dari Lomban, Kementerian Lingkungan Hidup, Januar mengatakan, kegiatan ini merupakan rencana kerja tahunan kami, sehingga mampu memaksimalkan fungsi terumbu karang. Setelah melakukan observasi, kami menetapkan Kota Bitung untuk pelaksanaan kegiatan ini tepatnya di pesisir pantai Kelurahan Pasokan.

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Bitung, Kadis Perikanan dan Kelautan Kota Bitung, Tokoh Pemuda serta instansi terkait lainnya.

Posting Komentar