Menerima Laporan Dari Warga, Komnas HAM Akan Sambangi Kota Bitung | Reportase Sulawesi Utara       Menerima Laporan Dari Warga, Komnas HAM Akan Sambangi Kota Bitung | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) kemungkinan besar akan  datang ke Kota Bitung terkait dengan beberapa pelanggaran HAM yang sudah terjadi di Kota Cakalang, Selasa (13/09).

Untuk membenarkan informasi kedatangan Komnas Ham. Maka dari itu, melalui Massengger salah satu awak media langsung menyakan langsung kepada Plt Asisten 1 Kota Bitung, Hermanus Bawuoh menjelaskan, bahwa kedatangan mereka hanya merupakan pertemuan biasa.

Sedangkan Kabag Humas Pemkot Bitung, Erwin Kontu saat dikonfirmasi melalui Massengger hanya memberikan penjelasan rinci yang hampir sama dengan Bawuoh. Justru dengan singkat ia mengatakan, tunggu saja hari Kamis.

Meskipun jawaban mereka seperti itu, beberapa awak media sudah mendapatkan  informasi sari salah satu sumber yang namanya agar dirahasiakan. Menurut sumber, bahwa kedatangan Komnas Ham ke Kota Bitung untuk mengklarifikasi sebuah masalah dan masalah itu terkait kebijakan Pemkot Bitung yang berhubungan dengan nasib orang banyak.

Kemungkinan besar ada dua hal, kalau bukan soal penggusuran warga Masata, kemungkinan terkait masalah toleransi umat beragama. Sebab, setahu saya ada masyarakat Bitung pernah melapor soal itu ke Komnas HAM, jelas sumber yang identitasnya agar dirahasiakan.

Dengan dua hal itu, Komnas Ham akan menanyakan kepada Pemkot Bitung. Akibat kebijakan berhubungan dengan hal itu, banyak masyarakat yang dirugikan dan sangat tidak mungkin juga kalau Komnas HAM datang ke Kota Bitung kalau bukan ada laporan dari masyarakat.


Posting Komentar