SUSI : RIBUAN NELAYAN ASAL FILIPINA KEDAPATAN MEMILIKI KTP BERDOMISILI DI KOTA BITUNG | Reportase Sulawesi Utara       SUSI : RIBUAN NELAYAN ASAL FILIPINA KEDAPATAN MEMILIKI KTP BERDOMISILI DI KOTA BITUNG | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut.com - Dalam konferensi pers tentang update perkembangan program dan pengamanan laut, Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti mengungkapkan bahwa cukup banyak nelayan asal Filipina tinggal di Kota Bitung, Rabu (28/09).

Hal ini diungkapkan Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan Pusat, Selasa (27/9/2016). Menurutnya, ribuan nelayan asal Filipina memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Bitung.

“ Tambahnya lagi, kemungkinan besar bahwa nelayan asal Filipina datang ke Kota Bitung karena saat ini sedang musim tangkap ikan. Ini akan menjadi perhatian khusus bagi kami, sehingga saya menyampaikan masalah ini ke Presiden RI, Joko Widodo “.

Untuk mengatasinya, akan ada pembahasan bersama antara Indonesia dan Filipina. Makanya, saya sudah menghadap Pak Jokowi dan rencananya kami akan membuat pertemuan khusus dengan pihak Filipina dalam mengatasi dan mengantisipasi jangan sampai terjadi lagi ke depan, ujarnya.

Sedangkan kapal pengawas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), menangkap 8 kapal dilaut Sulawesi sekitar 64 orang ABK terdiri dari 63 orang asal Filipina dan 1 orang Indonesia. Penangkapan dilakukan oleh KP Hiu Macan Tutul 001 dan KP Hiu Macan 06 pada tanggal 22 dan 23 September 2016 di Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia (WPP-RI) 716 Perairan laut Sulawesi, jelasnya.

Susi juga mengungkapkan, bahwa KKP telah menangkap 2 kapal ikan ilegal lainnya diwilayah perbatasan Malaysia dan Indonesia. Sedangkan di Pontianak kami menangkap kapal 2 kapal memasang berbendera Malaysia sudah diamankan, karena ABK nya sebagian orang Malaysia dan negara lain, pungkasnya.

Posting Komentar