Polres Bitung Gelar Simulasi Sistim Pengamanan Kota Dari Ancaman Gangguan Kamtibmas | Reportase Sulawesi Utara       Polres Bitung Gelar Simulasi Sistim Pengamanan Kota Dari Ancaman Gangguan Kamtibmas | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut.com - Jajaran Kepolisian Polres Bitung, Kamis (27/10), menggelar simulasi terjadi gangguan kamtibmas yang dilakukan oleh sekelompok pemuda dalam keadaan mabuk dan melempar salah satu tempat ibadah di Kelurahan Bitung Barat, Kecamatan Maesa.


Akibat dari ulah sekelompok pemuda, tindakan mereka diketahui polisi yang sedang melaksanakan patroli rutin dan Bhabin kamtibmas, sehingga beberapa pemuda langsung diamankan ke Polsek Maesa. Tak lama kemudian, massa dengan jumlah ratusan orang mendatangi Polsek Maesa meminta teman mereka yang ditahan agar dibebaskan.

Kapolsek Maesa yang melihat massa begitu banyak, memanggil beberapa dari mereka untuk dilakukan negosiasi. Namun, upaya negosiasi itu gagal karena eskalasi massa meningkat (Anarkis). Kemudian Kapolsek melaporkan peristiwa ini  kepada Kapolres Bitung untuk meminta bantuan personil.

Selanjutnya Kapolres Bitung langsung memerintahkan Kabag Ops nya mempersiapakan seluruh personil untuk melaksanakan apel dihalaman Polres dan  selanjutnya menuju ke Polsek Maesa. Sedangkan masing - masing kasat melaksanakan tugasnya sesuai dengan tupoksi dibawah kendali Kabag Ops.

Melihat eskalasi semakin meningkat, Kapolres Bitung melaporkan kepada Kapolda Sulut bahwa wilayah hukum Polres Bitung terjadi rusuh dan massa tidak bisa dikendalikan. Kapolda Sulut memerintahkan kepada Kapolres Bitung untuk melaksanakan Sistim Pengamanan Kota dengan menutup askes pintu masuk dan askes pintu keluar.

Menindaklanjuti arahan Kapolda Sulut, Kapolres memerintahkan Kabag Ops untuk melaksanaka Sistim Pengamanan Kota atau menutup pintu masuk dan pintu keluar di delapan (8) titik yakni, Batas Kota, Tanjung Merah, Danowudu, Pelabuhan Samudera Bitung, Pelabuhan ASDP dan Pelabuhan Perikanan.

Selanjutnya Kapolres Bitung melaporkan situasi ke Kapolda Sulut bahwa seluruh askes tersebut sudah ditutup dan Kapolda Sulut memerintahkan Kabag Ops Polda Sulut untuk segera menurunkan Tim Barracuda, Dit Sabhara Polda Sulut dan Sat Brimob Polda Sulut ke Polres Bitung.

Adapun kegiatan simulasi ini diperankan oleh seluruh jajaran Kepolisian Polres Bitung dalam rangka penilaian Quick Respons Time dengan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan bencana serta pelaksanaan pelatihan sistim pengangaman kota.


Hadir dalam kegiatan simulasi adalah, Kepala Dit Reskrim Polda Sulut, AKBP Irwan Permadi, Kepala Dit Sabhara Polda Sulut, AKBP Petut Agus, Kapolres Bitung, AKBP Reindolf Unmehopa, Waka Polres Bitung, Kompol Suharman S, Kabag Ops Bitung, Kompol Taufiq Abdi, para Kasat dan para Kapolsek. 

Posting Komentar