Waspadalah…!! BMKG Rilis Dibeberapa Wilayah Indonesia Berdampak Cuaca Ekstrim | Reportase Sulawesi Utara       Waspadalah…!! BMKG Rilis Dibeberapa Wilayah Indonesia Berdampak Cuaca Ekstrim | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut.com - Mengingat beberapa wilayah di Indonesia saat ini mengalami banjir akibat dari cuaca ekstrim, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrim tanggal 29 - 31 Oktober 2016.

Cuaca ekstrim seperti ini akan berdampak pada hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang ternyata mengancam dibeberapa wilayah yang ada di Indonesia.
BMKG merilis prediksi kondisi cuaca 3 hari ke depan. Menurut mereka, terdapat tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah selatan Sumatera di Laut Sulut dan daerah konvergensi serta belokan angin terdapat di pesisir barat Sumatera hingga Laut Seram.
Kelembaban udara tinggi berada disebagian besar wilayah Indonesia dan kondisi ini sangat mendukung adanya pertumbuhan awan hujan didaerah. Ada beberapa wilayah di Indonesia yang berpotensi akan hujan lebat adalah : Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Papua.
Sedangkan beberapa wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan lebat, disertai dengan petir/kilat dan angin kencang serta puting beliung adalah : Sulawesi Utara, Riau, Sumatera Selatan, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua Barat.

BMKG juga memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat yang tinggal di wilayah - wilayah yang tertera diatas, agar selalu siaga menghadapi kondisi cuaca yang ekstrim dengan menjauhi perbukitan dan belantaran sungai - sungai besar dan kalau bisa siapkan persediaan makanan dirumah secukupnya.
Hujan lebat akan berpotensi menghadirkan banjir bandang serta tanah longsor didaerah perbukitan. Apalagi jika disertai angin kencang atau puting beliung bisa berdampak kerusakan yang makin serius. 

Posting Komentar