Sidangoli : Tujuan Digelarnya Aksi Demo Damai, Menuntaskan Semua Masalah Ketenaga Kerjaan Dibeberapa Perusahaan Di Kota Bitung | Reportase Sulawesi Utara       Sidangoli : Tujuan Digelarnya Aksi Demo Damai, Menuntaskan Semua Masalah Ketenaga Kerjaan Dibeberapa Perusahaan Di Kota Bitung | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportase Sulut.com - Ribuan buruh pekerja di PHK kan sejumlah perusahaan di Kota Bitung, Selasa (07/02/17), Pukul 08.00 Wita, turun ke jalan raya unjuk menggelar aksi unjuk rasa dibeberapa titik.  

Demo yang dikomandai Ketua FSPTMM SPSI Kota Bitung, Esthepanus Sidangoli, melakukan orasi di 3 tempat yaitu, PT Delta Indo Tuna Pacific, Kantor Wali Kota Bitung dan Kantor DPRD Kota Bitung.

Dalam orasinya, Sidangoli menyampaikan beberapa tuntutan aksi demo ini, minta Pemerintah Kota Bitung, lebih khususnya Dinas Ketenaga Kerjaan Kota Bitung, agar menuntaskan semua masalah ketenaga kerjaan di 6 perusahaan.

Adapun 6 perusahaan yang melakukan kesalahan adalah, PT Mapalus Makawanua C.1, PT Tristis International, PT Janur Kawanua Indonesia, PT Multi Nabati Sulawesi, PT Internasional Allianci Food Indonesia dan PT RD Pacific Indonesia, tambah Sidangoli.
d

Kemudian, aktifkan kembali lembaga kerja sama dengan tripartit, segera bentuk dewan pengupahan kota serta segera hadirkan pengadilan hubungan di industrial, jelas Sidangoli.

Dari 6 perusahan ini, ada beberapa yang melakukan kesalahan yang tidak membayar selisih upah tenaga kerja pemotongan iuran BPJS tanpa ada kartu diberikan, penggunaan perusahaan outsourching tidak diberijin , PHK tidak membayar pesangon, seluruh pekerja tidak diikut sertakan pada program BPJS, menetapkan kontak kerja tidak sesuai UU dan status tenaga kerja tidak jelas, kunci Sidangoli.

Pantauan Reportase Sulut.com dilapangan, ribuan buruh yang di PHK, menduduki Kantor DPRD Kota Bitung, untuk menyampaikan keluhan mereka yang selama ini, diperlakukan para pelaku pengusaha secara tidak adil.  

Posting Komentar