Kapal Basarnas Manado “KN Bima Sena” Selamatkan 10 ABK KLM Kembang Yang Tenggelam Di Teluk Tomini

Iklan Semua Halaman

Kapal Basarnas Manado “KN Bima Sena” Selamatkan 10 ABK KLM Kembang Yang Tenggelam Di Teluk Tomini

Jumat, 31 Maret 2017
Reportasesulut.com - Kapal Negara (KN) Bima Sena, milik Basarnas Manado, yang melakukan proses evakuasi penyelamatan terhadap 10 ABK KLM Kembang, tenggelam di Teluk Tomini, Jumat pagi (31/03), tiba di dermaga Navigasi Tandurusa Bitung.

Kasie Operasi Kantor Basarnas Manado, Djefry Mewoh menjelaskan, tenggelamnya Kapal Layar Motor (KLM) Kembang GT 143, milik PT Sumber Kalimantan Abadi, dari informasi Kantor Basarnas Provinsi Gorontalo pada Kamis sore (30/03).

Terkait dengan informasi itu, ia langsung mengerahkan semua ABK KN Bima Sena, berjumlah 20 ABK, untuk bergerak ke lokasi tenggelamnya kapal tersebut. Sekitar Pukul 24.00 Wita, kami menemukan 10 ABK dalam keadaan selamat, sambungnya.

Nama – nama Ke 10 ABK KLM Kembang yakni, Ancha Iskandar, Syamsudin, Hamsa, Herman, Rusiansya, Muhaimin, Nurdiansya, Ali, Raman dan Abdul Samad. Mereka ditemukan dititik koordinat 00°15'0751 S - 124°26'3919 E, jelasnya.

Tidak ada kendala dalam melakukan penyelamatan, karena sebelum kapal tenggelam, salah satu ABK masih sempat menghubungi pihak SAR melalui hp satelit. Ke 10 ABK ini, akan kami serahkan ke pihak perusahaan, jelasnya. 

Sementara Nahkoda KLM Kembang, Ancha Iskandar saat diwawancarai sejumlah wartawan menjelaskan, kapal berangkat dari Kendari menuju ke Kalimantan Timur, membawa muatan sembako 262 ton.  

Ketika dalam perjalanan, kapal dihajar ombak besar setinggi 2 – 3 meter. Upaya kami untuk pinggirkan kapal ke daratan tak berhasil, karena diruang kamar mesin kapal sudah dimasukin air dan pada akhirnya mesin mati, kuncinya.