2 Bulan Lebih Rumah Dibongkar, 12 KK Batu Lubang Kecil, Minta Kejelasan Pihak Dinas Sosial Provinsi Sulut Terkait Bedah Rumah | Reportase Sulawesi Utara       2 Bulan Lebih Rumah Dibongkar, 12 KK Batu Lubang Kecil, Minta Kejelasan Pihak Dinas Sosial Provinsi Sulut Terkait Bedah Rumah | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportasesulut.com - Sebanyak 12 Kepala Keluarga (KK), di Kelurahan Batu Lubang Kecil, Kecamatan Lembeh Selatan, rumah dibongkar ratah dengan tanah, karena mereka tahu akan menerima program bantuan bedah rumah dari Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Senin (15/05).

Terkait adanya pembongkaran rumah, sejumlah awak media dapatkan informasi dari salah warga. Kemudian mendatangi beberapa Kepala Keluarga, RT dan Lurah Kelurahan Batu Lubang, Sabtu siang (13/05), untuk dilakukan konfirmasi.

Dari penjelasan beberapa Kepala Keluarga, bedah rumah melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Yang mana, pendamping PKH nya adalah Dinas Sosial Kota Bitung bernama Anggelina Wuisan. Namun, sudah beberapa bulan terakhir belum ada penjelasan sama sekali.

" Untuk pembongkaran rumah, kami terima instruksi langsung dari Camat dan Lurah. Dimana, untuk mendapatkan bantuan bedah rumah, mekanismenya seperti itu, rumah yang sudah dibongkar ratah dengan tanah, akan diambil gambar untuk dijadikan dokumentasi ", jelas warga.  

Saat ini kami bingung dan linglung, karena setiap kami mendesak ibu Anggelina, ia hanya menjawabnya lagi ada kendala material pasir dan naik doknya kapal penyebrangan, kunci warga.

Penjelasan terpisah RT Lingkungan I, Frangky Manoi mengatakan, ia mendengar adanya bantuan bedah rumah sudah sejak tahun 2016. Ketika itu, ibu pendamping turun kemari dan langsung bertemu dengan pengurus PKH Kelurahan.  

Sedangkan Lurah Kelurahan Batu Lubang, Johanes Pemberian menjelaskan, ketika ia baru dua hari menjabat sebagai Lurah, pihak Dinas Sosial Provinsi Sulut datang membawa data penerima bantuan bedah rumah.

Sambungnya lagi, pada awalnya bantuan ini saya tidak setuju, karena ia tidak tahu sama sekali dan tiba – tiba masyarakatnya mendapatkan bantuan bedah rumah. Menyangkut pembongkaran rumah, pihak kami ada kesepakatan dengan 12 Kepala Keluarga, jelasnya.

" Saya sudah mendesak dinas terkait dan mereka memberitahukan, awal bulan Mei ini akan dibangun. Tapi, persoalannya kapal mengangkut material lagi naik dok ", pungkasnya.

Reportasesulut.com, masih bingung dan belum terlalu yakin dengan bantuan bedah rumah di Kelurahan Batu Lubang, mencoba menyakan hal ini ke Kadis Sosial Kota Bitung, Steven Suluh melalui telepon, namun nomor beliau tidak aktif.

Sedangkan data 12 KK yang rumahnya sudah dibongkar masing – masing, Hingi Hapendatu, Samsu Hapendatu, Hamit Rumingan, Sabri Magoa, Irpan Manumpil, Haling Takalumang dan Mustari Haruna.   

Posting Komentar