Jajaran Personil Pangkalan Utama AL VIII Manado Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila | Reportase Sulawesi Utara       Jajaran Personil Pangkalan Utama AL VIII Manado Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportasesulut.com - Danlantamal VIII Manado, Laksamana Pertama TNI Suselo diwakili Wadan Lantamal VIII, Kolonel Marinir Eddy Setiawan memimpin upacara dalam rangka mempringati Hari Lahir Pancasila, Jumat (02/06).

Upacara yang berlangsung di Lapangan Mako Lantamal VIII, Kamis pagi (01/06), turut dihadiri oleh para Asisten Danlantamal VIII, Kadis/Kasatker Lantamal VIII, Perwira, Bintara dan ASN Lantamal VIII serta Prajurit Yonmarhanlan VIII Bitung.

Adapun upacara tersebut  diawali dengan laporan Komandan Upacara, Mayor Laut (KH) Cristian Daniel Kilis SH, yang sehari - hari menjabat sebagai Kasubdis Dargakkum Diskum Lantamal VIII.

Sedangkan dalam upacara, dibacakan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh pasukan upacara dan dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Melalui amanat Presiden RI, Ir Joko Widodo, bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.


Dengan maksud yang diatas itulah, timbul jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara, sehingga bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Presiden RI mengajak kepada semua, agar peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.

         


Posting Komentar