Wouuw…!! Acara Halal Bi Halal Akbar Diselenggarakan Pengurus DPC SI Kota Bitung Sangat Spektakuler | Reportase Sulawesi Utara       Wouuw…!! Acara Halal Bi Halal Akbar Diselenggarakan Pengurus DPC SI Kota Bitung Sangat Spektakuler | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportasesulut.com - Acara Halal Bi Halal Akbar 1438 H, yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Pengurus DPC Syarikat Islam (SI) Kota Bitung, Senin (24/07) kemarin, Pukul 17.00 Wita, di Lapangan Pusat Kota Bitung, berlangsung sangat spektakuler, Selasa (25/07).

Pantauan Reportasesulut.com, ribuan masyarakat yang begitu antusias sekali menghadiri acara tersebut, sebagiannnya tidak sempat mendapatkan tempat duduk didalam bangsal yang disediakan panitia.

Ketua Panitai Pelaksana Halal Bi Halal 1438 H, Saiful Manaf dalam sambutannya menjelaskan, tujuannya dilaksanakan Halal Bi Halal, untuk menjalin silaturahim sesama agama lainnya, memperkokoh hubangan antar sesama dan mendorong kerja sama serta menjunjung tinggi nilai toleransi sebagai pondasi tegaknya NKRI.

Adapun tema Halal Bi Halal “Menapak Perjalanan Syarikat Islam Dalam Perspektif Khebinekaan Menuju Bitung Hebat” dan Sub Tema “Dengan Halal Bi Halal Kita Lebih Tingkatkan Ukhuwah Dalam Bingkai Negara Keasatuan Republik Indonesia”, jelas Manaf.

"Mewakili seluruh panitia, saya meminta maaf kepada masyarakat yang telah berkenan hadir, tidak sempat kebagian tempat duduk. Kami tak menyangka sama sekali akan membludak seperti ini. Sebab, kursi dipersiapkan panitia hanya berjumlah 2.500 buah, terang Manaf".


Sedangkan Bupati Bolsel, Hi Herson Mayulu, S.IP, dalam hikmah Halal Bi Halal mengatakan, bahwa Hala Bi Halal bukan milik umat islam. Asalnya Halal Bi Halal, ketika negara kita baru merdeka 3 tahun, Presiden Sukarno galau karena beliau tokoh – tokoh pergerakan, pejuang dan agama pada bertikai.

Melihat hal itu, Sukarno khawatir kalau negara kita ini, umurnya tidak panjang lagi. Maka dari itu, beliau memanggil Kiyai Wahab Hazbullah, untuk memintai saran, agar tokoh – tokoh ini bisa bersatu kembali.

Lalu Kiyai Wahab memberikan saran, buatlah Halal Bi Halal dan undang semua tokoh – tokoh yang bertikai. Ketika itu dilakukan, usailah sudah semua permasalahan dan semuanya kembali bersatu, tambah Herson.

"Dengan konteks Halal Bi Halal, dihadiri ribuan umat islam Kota Bitung, sudah sangat jelas sekali. Yang mana, usai Lebaran Idul Fitri kemarin, tidak sempat jumpa atau berjabat tangan karena dibatasi jarak begitu jauh, jelas Herson".

Lewat mementum Halal Bi Halal malam hari ini, ada 3 hal harus kita lakukan yaitu, merajut kembali hubungan persaudaraan yang masih terputus, berbagi dengan apa yang kita miliki dan saling maaf memaafkan, pungkas Herson.  

Pejabat yang hadir dalam acara ini yaitu, Perwakilan Gubernur Sulut, diwakili Kasat Sapol PP Provinsi Sulut, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulut, Walikota Bitung bersama Jajarannya, Pimpinan dan Anggota DPRD Bitung, Ketua MUI Bitung, Wakapolres Bitung, Kajari Bitung, Ketua DPC KKIG Bitung, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.   
  

   

Posting Komentar