Data Karo Multimedia Mabes Polri, Pengguna Internet Di Indonesia 132 Juta Jiwa Penduduk | Reportase Sulawesi Utara       Data Karo Multimedia Mabes Polri, Pengguna Internet Di Indonesia 132 Juta Jiwa Penduduk | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportasesulut.com - Pengetahuan yang berbeda akan mengakibatkan perbedaan pandangan atau persepsi, dengan pengetahuan yang dimilikinya, maka keputusan semakin demokratis, begitu juga sebaliknya, Selasa (12/09).

Dengan konteks ini, masyarakat dianggap mempunyai posisi yang penting dalam proses demokrasi di Indonesia, opini publik seringkali dijadikan sebagai landasan moralitas sekaligus rambu demokrasi pemerintah dan masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Karo Multimedia Mabes Polri, Brigjen Yanfitri, ketika menjadi nara sumber diacara dialog Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Wartawan Online Ke – 1, Jumat 08 September 2017, di Hotel Mega Putri Jakarta

“ Menurut Yanfitri, dari laman We are Social menyatakan, bahwa pada bulan Januari 2017, dari sekitar 262 juta jiwa penduduk Indonesia 132 juta jiwa (51%) telah menggunakan internet “.

Apalagi, jumlah handphone yang beredar melebihi dari jumlah penduduk dari 371,4 juta (140%), berarti tingkat ketergantungan internet masyarakat Indonesia sangat luas, ujarnya.


Tambahnya lagi, diperlukan suatu strategi dari pemerintah, mengambil langkah sebagai intervensi kebijakan dalam rangka mengantisipasi isu – isu terkait ideologi, ekonomi, politik, sosial, budaya dan kantibmas dengan menyebarkan informasi menyesatkan, fitnah, berita hoax yang bersifat SARA ataupun intoleransi.

Artinya, ada pihak tertentu yang sengaja membuat suatu portal media online yang difungsikan sebagai sarana untuk menyebarkan informasi, pesan, konten bersifat provokatif, seperti dilakukan sindikat “SARACEN” portal medianya adalah Saracennews.com, jelasnya.

Polri sebagai pengemban fungsi pemerintah dibidang penegakan hukum, pelayanan dan perlindungan masyarakat bidang kamtibmas, mendapatkan amanat unttuk menjadi garda terdepan berdasarka UU kepolisian, kuncinya.

Posting Komentar