Pembahasan Kemanan Dilaut Dan Operasi Pencegahan Ilegal Fishing | Reportase Sulawesi Utara       Pembahasan Kemanan Dilaut Dan Operasi Pencegahan Ilegal Fishing | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportasesulut.com - Bertempat di Pangkalan P2SDKP Bitung, dilaksanakan rapat Focus Group Discussion (FGD) dengan pembahasan mengenai modus dan operasi pencegahan dan penindakan terhadap infiltrasi kapal asing, Selasa (31/10).

Menjadi nara sumber adalah, Asops Danlantamal VIII Manado, Kolonel Laut (P) Anung Sutanto dan dihadiri oleh Kepala PSDKP Bitung, Sumono Darminto, Kepala Imigrasi Bitung, Lexi Adrin Mangindaan, Perwakilan Bea Cukai Bitung, Dinas Perhubungan Bitung, perwakilan pengusaha ikan dan pewakilan nelayan.


Dalam pemaparannya, Sutanto menjelaskan tentang kebijakan Bapak Presiden RI, untuk mewujudkan poros maritim dunia. Membangun kelautan dan perikanan melibatkan tiga hal yakni, pemerintah, akademisi, pelaku bisnis atau pihak swasta.

" Tugas pokok TNI AL tentang peta potensi kerawanan, persepsi tentang keamanan laut dan pencegahan illegal fishing, sambung Sutanto ".

Operasi yang dilakukan TNI AL berupa, operasi kami dilaut itu mewujudkan sinergitas pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan, terang Sutanto.

Kesatuan pikir dan tindak dalam menyusun sistem pengamanan dan pengawasan yang efektf, tepat guna dan tepat sasaran serta meningkatkan jaring komunikasi antar insan intelijen dalam menyiapkan data dan informasi yang akurat, kunci Sutanto.

Sementara, Direktorat Sumber Daya DKP Pusat, Drs Agus Riyono MSi menerangkan tentang modus operasi praktek illegal fishing dan infiltrasi kapal asing.

Modus yang digunakan pelaku tersebut berupa, pengadaan kapal yang tidak sebenarnya, pendaftaraan kapal tidak sesuai ketentuan, operasi kapal tidak sesuai ijin, operasi kapal tanpa dokumen melalui indocent passage dan kerja sama tidak sesuai ketentuan, pungkasnya.

Posting Komentar