Seselo : Safari Pushidrosal Berkaitan Dengan Kepentingan Keselamatan Navigasi Pelayaran | Reportase Sulawesi Utara       Seselo : Safari Pushidrosal Berkaitan Dengan Kepentingan Keselamatan Navigasi Pelayaran | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportasesulut.com - Bertempat di Ruang Serbaguna Mako Lantamal VIII Manado, Selasa (24/10) kemarin, dilaksanakan acara safari pusat hidrografi dan oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), Rabu (25/10).

Turut hadir diacara ini yaitu, Dansatkamla VIII, para Asisten Lantamal VIII, Tim Pushidrosal, Kadis/Kasatker, Perwira Lantamal VIII, Kadis DKP Prov Sulut, Perwakilan Bakamla Zona Tengah, KSOP Bitung, Fakultas Kelautan Ilmu Perikanan (FKIP) Unsrat, Basarnas Manado, Dinas Perikanan Kota Bitung, Distrik Navigasi Bitung, Politeknik Kelautan Perikanan Bitung.

Acara ini dalam rangka sosialisasi peran, tugas dan fungsi lembaga hidrografi militer maupun sebagai lembaga hidrografi nasional oleh Wakapushidrosal Laksamana Pertama TNI Dr Ir Trismadi beserta tim pushidrosal.

Dalam pemaparan Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr Ir  Harjo Susmoro SH MH menjeleskan, peran pushidrosal dalam mendukung kepentingan umum dan pertahanan dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Perlu diketahui bersama, bahwa pushidrosal mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksana kegiatan hidro - oseanografi yang meliputi survey, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut serta keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum.

Pushidrosal sebagai lembaga Hidrografi militer, bertanggungjawab untuk mampu menyediakan data dan informasi hidro - oseanografi yang akurat dan mutakhir sebagai data dasar yang akan digunakan sebagai bahan analisis strategi pertahanan nasional, terangnya.


Sedangkan sebagai lembaga hidrografi nasional Indonesia, pushidrosal memberikan tuntunan dalam menjamin keselamatan navigasi pelayaran diseluruh wilayah perairan yurisdiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia, pungkasnya.

Danlantamal VIII Laksamana Pertama TNI Suselo berharap, sosialisasi ini akan semakin jelas tentang peranan pushidrosal berkaitan dengan kepentingan keselamatan navigasi pelayaran serta dalam menyiapkan data dan informasi hidro - oseanografi berupa peta laut dan publikasi nautika lainnya.

Posting Komentar