Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru, Polres Bitung Gelar Apel Pasukan Terpusat Lilin Samrat 2017 | Reportase Sulawesi Utara       Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru, Polres Bitung Gelar Apel Pasukan Terpusat Lilin Samrat 2017 | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportasesulut.com - Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Kepolisian Republik Indonesia Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, melaksanakan upacara apel gelar pasukan gabungan, di Mako Polres Bitung, Jumat (22/12).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Bitung, AKBP Philemon Ginting SIK MH dan Komandan Upacara, KBO Sat Lantas, Iptu E Kawatu.

Tema Operasi Lilin Samrat 2017 " Kita Tingkatkan Sinergi Polri dan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal Dan Tahun Baru.

Dalam sambutannya, Ginting mengatakan bahwa operasi ini dilaksanakan selama sepuluh hari yang terhitung mulai tanggal 23 Desember 2017 - 01 Januari 2018.

Pasukan gabungan terlibat dalam pengamanan, Polres Bitung beserta jajaran Polsek, Sub Denpom Bitung, Kodim 1310 Bitung, Yon Marhanlan VIII Bitung, Dishub Bitung, Sat Pol PPP Bitung, BPBD Bitung, Senkom, Saka Bhayangkara dan Pelajar Tingkat SMP.

Sementara amanat Pak Kapolri menjelaskan, perayaan natal dan pergantian tahun, merupakan saat yang dinanti - nantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia, dengan penuh kebahagian dan suka cita, aman, nyaman serta lancar, karena ini sudah menjadi tugas kita sebagai aparat.

Tugas kita dilapangan nanti, mengantisipasi adanya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, stabilitas harga kebutuhan pokok, potensi konflik dimasyarakat dan aksi sweeping ormas.

Polri/TNI dan didukung stakeholders terkait dari Kemenhub, Kemenpupera, Kemenkes, Pertamina dan Jasa Marga, telah melaksanakan rapat koordinasi untuk menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik.

Untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok, Polri bersama Kementan, Kemendag, Kemenperin, Badan POM, KPPU dan Perum Bulog, melaksanakan langkah preventif secara sinergis guna mencegah terjadinya permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok.

Operasi Lilin 2017 mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum yang melibatkan sebanyak 170.304 personel, terdiri dari 90.057 personel Polri, 20.070 personel TNI dan 60.177 personel instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya. 

Kepada seluruh personel yang bertugas, petakan seluruh potensi kerawanan wilayah dan tentukan cara bertindak yang tepat melalui rencana operasi. Kita tingkatkan kewaspadaan dan mencegah aksi teror serta kejahatan konvensional.

Lakukan pendekatan dengan elemen masyakat guna mencegah terjadinya aksi swepping oleh ormas dan optimalkan penggelaran anggota ditengah masyarakat dengan terobosan kreatif melalui rekayasa lantas, guna mengurangi kemacetan dan laka lantas.


Tampak hadir dikegiatan apel gelar pasukan, Dandodik Secata B Bitung, Danyonmarhanlan VIII Bitung, Sekretaris Kota Bitung, Kasubbag Log Kodim 1310, Dansub Den Pom VII Bitung, Ketua FKUB Kota Bitung, Kepala BPBD Bitung, Kadis Dishub Bitung, Kasat Pol PP Bitung, Kepala Senkom Bitung, Pejabat Utama Polres Bitung dan Perwakilan Puskemas Kota Bitung. 

Posting Komentar