Terjebak Ditengah Cuaca Buruk, Belasan Warga Kawaluso Berhasil Dievakuasi Kapal Paroli Angkatan Laut | Reportase Sulawesi Utara       Terjebak Ditengah Cuaca Buruk, Belasan Warga Kawaluso Berhasil Dievakuasi Kapal Paroli Angkatan Laut | Reportase Sulawesi Utara

Ads (728x90)

Reportasesulut.com - Sebanyak 15 orang warga Kawaluso, Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang terjebak dengan cuaca buruk, berhasil dievakuasi oleh Kapal Patroli milik Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna, Jumat (22/12).

Proses evakuasi dipimpin langsung Pasintel Lanal Tahuna, Mayor Laut (P) Agung Dwi Handoko D. Dimana, belasan warga tersebut, langsung diangkut dengan menggunakan Kal PSH 1-8-31 ke Dermaga umum Kawaluso.

Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan patroli keamanan laut hingga melaksanakan evakuasi masyarakat Kawaluso akibat tidak ada sarana transportasi yang singgah dipulau tempat tinggalnya karena cuaca buruk berkepanjangan.

" Komandan Lanal Tahuna Kolonel Laut (P) Setiyo Widodo SE Msi menjelaskan, evakuasi ini merupakan upaya dari Lanal Tahuna untuk membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam mengatasi warganya yang terisolir akibat cuaca buruk ".


Dengan adanya kerjasama dengan anggota Pos Kodim Sangihe Talaud yang bertugas di Pulau Kawaluso, para warga diangkut menggunakan pamo yang merapat ke Kal PSH 1-8-31.

Selanjutnya, pamo berhasil mengangkut 10 orang dari Kal PSH 1-8-31. Kemudian, kembali ke pesisir pantai Kawaluso untuk mengangkut 5 orang warga yang tersisa.

Begitu tiba di Pelabuhan Kawaluso, Kal PSH 1-8-31 tidak bisa merapat untuk mengevakuasi para warga karena tiupan angin yang kencang dari arah barat dan kondisi cuaca buruk.

Kal PSH 1-8-31 memutuskan untuk merapat di Pelabuhan Petta dan menurunkan warga Pulau Kawaluso untuk selanjutnya menuju ke Lanal Tahuna. Adapun warga yang berhasil dievakuasi, 8 orang pria, 4 orang perempuan dan 3 orang anak - anak. 

Posting Komentar