Lantamal VIII Peringati Malam Nuzulul Qur'an | Reportase Sulawesi Utara       Lantamal VIII Peringati Malam Nuzulul Qur'an | Reportase Sulawesi Utara

Reportasesulut.com - Di Bulan Ramadhan 1440, Keluarga Besar Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VIII menggelar berbagai kegiatan sosial, baik buka puasa bersama, pasar murah dan berbagi berkat dengan anak - anak yatim piatu, Kamis (23/05).

Bertepatan dengan 17 Ramadhan, Rabu 22/05/2019 kemarin, di Masjid Amirul Bahri Lantamal VIII menggelar Nuzulul Qur'an 1440 Hijriah di Tahun 2019 Masehi.

Peringatan Nuzulul Qur'an, Lantamal VIII mengangkat tema "Melalui Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an Dan Idul Fitri Tahun 1440 H/2019 M, Kita Tingkatkan Iman Dan Takwa Prajurit Dan PNS TNI Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI"

Sambutan Wadan Lantamal VIII, Kolonel Edi Juardi menyampaikan, al - qur'an diturunkan untuk diajarkan kepada seluruh umat manusia didunia sebagai pegangan hidup.

Al - qur'an juga adalah petunjuk atau tuntunan dalam menjalani kehidupan manusia didunia untuk memperoleh kesejahteraan, kedamaian dan kebahagiaan didunia serta diakhirat.

Dalam penjelasan Al -qur'an juga dijelaskan bahwa derajat manusia itu sama dihadapan tuhan. Maka dari itu, sangat penting menjaga hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan alam lingkungan dan hubungan manusia dengan tuhan.

Semoga, peringatan malam Nuzulul Qur'an betul - betul mampu menggugah kesadaran tentang arti pentingnya Al - qur'an dalam kehidupan dan semoga kita sekalian mampu mengambil hikmahnya, terang Edi.

Sementara Ustad Dr Ahmadi Rajafi M Hi menambahkan, turunnya Al - qur'an pertama kali pada 17 Ramadhan ke Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril dengan wahyu pertama Surat Al - Alaq Ayat 1- 5. 


Ketika wahyu ini diturunkan, Nabi Muhammad sedang berada di Gua Hira dan tiba - tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu.

Muhammad saat itu hanya sendirian menjadi takut dan seluruh badannya langsung menggigil, kemudian ia pulang dan menceritakan kejadian kepada kepada istrinya.

Sejak peristiwa itu, Muhammad diangkat Allah SWT sebagai Rasul. Sementara 22 tahun 2 bulan dan 22 hari, Al - qur'an selesai diturunkan menjelang kewafatan Muhammad 9 Dzulhijjah Tahun 10 H bertepatan tanggal 27 Oktober 632 M, dengan turunnya ayat t Al - Maidah Ayat 3, tutup Ustat Ahmadi.

Posting Komentar