KM.Tatamailau Kembali Berlayar

Iklan Semua Halaman

KM.Tatamailau Kembali Berlayar

Selasa, 19 Mei 2020
KM. Tatamailau, milik PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI)


Reportasesulut.com, Bitung -  Setelah sempat 'port stay' selama lebih sebulan di Pelabuhan Samudera Bitung, KM. Tatamailau milik PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI), akhirnya kembali beroperasi.
Kapal penumpang itu berlayar menuju Papua dengan rute Bitung - Tidore - Sorong hingga Merauke dengan menyinggahi beberapa pelabuhan lainnya di kawasan Indonesia bagian timur.

Namun, KM. Tatamailau belum melayani muatan penumpang dan hanya mengangkut logistik berupa sembako, sayuran dan buah-buahan hasil pertanian dari petani di Sulawesi Utara.

Menurut Ending Wahyudin, GM. PT. PELNI Cabang Bitung, KM. Tatamailau belum melayani angkutan penumpang akibat pembatasan sosial yang diterapkan sejumlah daerah tujuan di Maluku dan Papua.

"Hari ini Tatamailau hanya memuat hasil bumi dari petani Sulawesi Utara, seperti kentang, wortel, kol, ketela, cabe  tomat dan beberapa jenis sayuran serta buah-buahan lainnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Indonesia bagian timur," jelas Ending.

KM. Tatamailau yang berkapasitas 969 seat itu akhirnya bertolak meninggalkan dermaga Pelabuhan Samudera Bitung, Selasa (19/05), malam, tanpa memuat penumpang kecuali crew kapal dan pemilik bahan logistik.

Kapal yang namanya diambil dari nama salah satu gunung tertinggi di Timor Leste itu sempat ikut 'dikarantina' dan harus tambat sejak Maret lalu di pelabuhan Bitung.(Adj)