CEP Sumbang APD di Pulau Lembeh

Iklan Semua Halaman

CEP Sumbang APD di Pulau Lembeh

Selasa, 02 Juni 2020
Christiany Eugenia Paruntu (CEP),  Ketua DPD I Golkar Provinsi Sulawesi Utara. (foto: ist) 

Reportasesulut.com- Ketua DPD I Golkar Sulawesi Utara,  Christiany Eugenia Paruntu (CEP), Selasa (02/06), menyumbang Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis di dua Kecamatan di Pulau Lembeh,  Bitung. 

APD berupa baju Hazmat atau Hazardous Material itu diserahkan oleh H. M.  Yusuf Sultan,  SH. MH,  anggota DPRD Bitung dari Fraksi Golongan Karya dan diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Papusungan,  dr. Deby Lumopa dan Kepala Puskesmas Pintu Kota,  dr. Willem Sangi, disaksikan oleh para tenaga medis yang bertugas di dua Puskesmas tersebut. 

Kepala Puskesmas Papusungan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada CEP atas kepeduliannya membantu para tenaga medis dengan menyumbangkan APD. 

"Selama ini, APD yang kami miliki sangat terbatas karena ketentuannya hanya satu kali pakai dan harus dimusnahkan dengan cara dibakar.  Tapi tak jarang,  APD yang ada, kita cuci kembali agar bisa dipakai lagi," ungkap dr. Deby. 

"Tentunya, bantuan APD ini sangat bernilai bagi kami dan akan kami gunakan sebaik-baiknya. Untuk itu,  kami atas nama seluruh tenaga medis, menyampaikan terima kasih kami kepada Ibu CEP atas kepedulian beliau kepada kami, " ucap dr. Deby saat menerima bantuan APD yang diserahkan oleh HM.  Yusuf Sultan. 

HM. Yusuf Sultan,  SH. MH serahkan APD bantuan dari CEP kepada dr. Deby Lumopa,  Kepala Puskesmas Papusungan,  Pulau Lembeh. 

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Puskesmas Pintu Kota,  dr. Willem Sangi.  Dirinya dan sejumlah tenaga medis menyambut gembira dan bersyukur atas bantuan APD dari Ketua Golkar Sulut tersebut. 

"Puji syukur atas kepedulian dari Ibu Ketua Golkar Sulut yang telah memberikan bantuan APD ini. Bantuan ini sangat berharga bagi kami karena APD saat ini menjadi kebutuhan utama bagi seluruh tim medis.  Terima kasih Ibu CEP," ujarnya.

Kepala Puskesmas Pintu Kota, dr. Willem Sangi menerima bantuan APD Hazmat dari CEP yang diserahkan oleh HM.  Yusuf Sultan SH. MH.

Selain membawa bantuan APD ke Pulau Lembeh,  HM.  Yusuf Sultan juga mengecek kesiapan para tenaga medis dan memantau kondisi Puskesmas Papusungan dan Puskesmas Pintu Kota.  Di tempat itu, anggota DPRD yang mewakili masyarakat di Daerah Pemilihan IV yang meliputi Kecamatan Aertembaga, Lembeh Utara dan Lembeh Selatan itu juga menanyakan kendala - kendala yang dihadapi para tim medis selama masa pandemi Covid-19. 

"AlhamduliLlah, sejauh ini tim medis di dua puskesmas yang saya datangi hari ini cukup optimal dalam bekerja mengatasi penyebaran Covid-19 di Pulau Lembeh.  Mereka betul-betul menerapkan protokol Covid-19 kepada warga, terutama bagi para pelaku perjalanan yang berpotensi membawa virus. Sebelum beraktivitas dan berbaur ke masyarakat, mereka semua wajib menjalani karantina mandiri di rumahnya dan terus dipantau oleh pihak puskesmas," tutur H. Sultan,  mantan Kepala Lapas Bitung ini. 

Selama masa pandemi,  terdapat 60 Orang Pelaku Perjalanan (OPP)  yang didata oleh Puskesmas Papusungan dan 74 OPP yang didata Puskesmas Pintu Kota. Namun,  setelah menjalani masa karantina,  semuanya dinyatakan negatif Covid-19 dan hasil rapid test-nya pun non-reaktif. 

Sementara itu,  bantuan APD untuk para tenaga medis dari CEP ini juga diberikan ke seluruh Puskesmas yang ada di Kota Bitung dan telah dibagikan oleh Priscillia Cindy Wurangian,  Ketua DPD Golkar Bitung. Dan selain di Kota Bitung,  bantuan APD dari CEP juga dibagikan ke seluruh Kabupaten/Kota lainnya di Sulawesi Utara, sebagai wujud kepedulian CEP dalam memerangi pandemi Covid-19 ini. (Adj)