Inilah Calon Pendamping Yang Diinginkan Lomban.

Iklan Semua Halaman

Inilah Calon Pendamping Yang Diinginkan Lomban.

Rabu, 17 Juni 2020
Maximiliaan Jonas Lomban (MJL), Calon Walikota dari Partai Nasdem. 

Reportasesulut.com-Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dipastikan bakal digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. Pesta Demokrasi untuk memilih Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota serta Gubernur/Wakil Gubernur yang akan dilaksanakan serentak di berbagai daerah di seluruh Indonesia itu, kini kembali menjadi perhatian publik setelah sempat diulur pemerintah akibat bencana pandemi Covid-19.

Di Kota Bitung sendiri, para kandidat kini kembali memasang 'kuda-kuda' untuk bertarung merebut kursi Walikota/Walikota masa kepemimpinan 2021-2026. 

Setelah PDI Perjuangan yang telah lebih dahulu menyodorkan pasangan andalan mereka, yakni Maurits Mantiri dengan Hengky Honandar. Publik Bitung masih dibuat penasaran mengenai sosok yang akan mendampingi Walikota Maximiliaan Jonas Lomban sebagai calon wakilnya.Pasangan calon PDI Perjuangan, Maurits Mantiri - Hengky Honandar. 

Incumbent atau petahana yang juga adalah Ketua DPW. Partai Nasdem Sulawesi Utara itu masih terlihat sibuk menangani bencana non-alam Covid-19 yang turut melanda Kota Bitung, sehingga Walikota yang populer disapa MJL itu seolah acuh tak acuh dengan hiruk pikuk politik perebutan kekuasaan yang makin di depan mata. 

"Sebagai Walikota yang memimpin di Kota ini, saya harus fokus dulu untuk menangani bencana Covid-19 ini. Rakyat Bitung dulu yang harus saya pikir dan perhatikan. Untuk urusan politik, kita kesampingkan saja dulu," ujar Walikota MJL. 

Namun ketika didesak soal siapa sosok calon wakil walikota yang bakal mendampinginya, MJL  hanya menjawab dengan diplomatis.

"Ada tokoh politik, ada tokoh agama dan ada juga tokoh pengusaha. Semuanya sedang kita survei. Mudah-mudahan surveinya cepat selesai dan dalam dua minggu ke depan kita umumkan," ungkap MJL. 

Saat diminta untuk menyebutkan nama-nama calon yang disurvei, MJL kembali enggan menjawabnya.

"Seperti yang saya katakan tadi, ada tokoh politik dan tokoh agama. Tokoh agama ini kan bermacam-macam?. Ada tokoh agama Kristen dan tokoh Agama Islam. Tetapi yang pasti, dia harus dari keluarga baik-baik dan tentu saja, dia harus dicintai oleh rakyat Kota Bitung," tutur MJL kepada usai memaparkan hasil penyaluran bantuan sosial di Balai Pertemuan Umum (BPU) kantor Walikota Bitung, Rabu (17/06/2020) kepada sejumlah wartawan.

Beberapa figur yang dianggap layak dan pantas menjadi calon wakil kini terus disanding-sandingkan dengan MJL melalui spekulasi publik. 
Atas: Martin Daniel Tumbelaka bersama Surya Paloh, Ketum Nasdem.
Bawah: Cindy Wurangian bersama Airlangga Hartarto, Ketum Golkar. 

Setelah dikabarkan sempat membangun komunikasi dengan Priscilia Cindy Wurangian, Ketua DPD Golkar Bitung, MJL santer dikabarkan bakal didampingi oleh Martin Daniel Tumbelaka, "gaco" dari PKPI yang kini memang terlihat intens melakukan lobi-lobi politik di DPP Partai Nasedem. 

Selain kedua nama itu, H. Ramlan Ifran, H. Ruslan A. Gani, Gunawan Pontoh serta H. Yusuf Sultan dari tokoh muslim juga kerap disebut kalangan grass root atau akar rumput di berbagai perbincangan.
MJL dan para Tokoh Muslim, bakal calon Wakil Walikota Bitung.

Pendeta Teddy Batasina, tokoh Kristen, Axel Thenderan (Senga), pengusaha sukses serta politikus kawakan dari Partai Gerindra, John Adolf Wantah (Olo) juga ramai dikabarkan, jika nama mereka turut diusulkan ke DPP Nasdem sebagai bakal calon pendamping Maximiliaan Jonas Lomban untuk bertarung pada pilkada 9 Desember mendatang.(Adj)