Max Lomban Berwenang Tentukan Calon Gubernur Sulut.

Iklan Semua Halaman

Max Lomban Berwenang Tentukan Calon Gubernur Sulut.

Kamis, 18 Juni 2020

Maximiliaan Jonas Lomban,  Ketua DPW. Partai Nasdem Sulut. 

Reportasesulut.com-Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Maximiliaan Jonas Lomban menyatakan memiliki kewenangan untuk menentukan siapa yang akan menjadi Calon Gubernur (Cagub), Sulawesi Utara dari Partai Nasdem. Hal ini dikatakannya menyusul ramainya pemberitaan tentang sejumlah kader Partai Nasdem yang mengklaim diri telah memiliki Surat Keputusan (SK) dari DPP Partai Nasdem untuk diusung menjadi Cagub pada Pilkada Desember nanti.  

"Sebagai Ketua DPW Partai Nasdem, saya mempunyai kewenangan untuk menyeleksi mereka (para bakal calon). Dari hasil seleksi dapat 3 (tiga) nama dan tiga nama ini kita sudah kirim ke DPP. Selanjutnya DPP lah nanti yang akan menetapkan siapa yang terbaik," ungkap Lomban, Rabu (17/06/2020), sembari menyebut tiga nama calon yang dimaksud,  yakni Vonnie Panambunan (Bupati Minut), Vicky Lumentut (Walikota Manado) dan Elly Lasut (Bupati Talaud).

Lanjut Lomban katakan, dirinya juga memberi kewenangan kepada ketiga bakal calon membangun komunikasi dengan partai-partai lain untuk diajak berkoalisi, termasuk memilih calon wakil mereka nantinya. 
Maximiliaan Jonas Lomban bersama Surya Paloh,  Ketum Nasdem. 

"Saat ini, nama mereka sedang digodok di DPP dan mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama, sudah ada nama yang akan ditunjuk. Dan kepada mereka bertiga,  saya juga memberikan kewenangan seluas-luasnya untuk melakukan lobi-lobi politik serta trik-trik untuk berkoalisi dengan partai lain," kata Lomban yang juga adalah Walikota Bitung yang dikenal sebagai pemimpin humble (ramah) dan dijuluki sebagai Walikota Pambae ini. 

Seperti yang telah disebutkan Lomban, nama-nama bakal calon Gubernur dari Partai Nasdem itu memang sejak jauh hari telah gencar menyosialisasikan diri sebagai calon Gubernur melalui pelbagai media, baik berupa baliho, media sosial dan juga melalui media mainstream atau media arus utama. 

Vonnie Anneke Panambunan (VAP)  misalnya, hampir di setiap pelosok ditemui baliho bergambar dirinya dengan tagline atau slogan bertuliskan, "Masa Depan Sulawesi Utara". Bahkan di banyak kesempatan, Srikandi dari Tanah Tonsea ini rutin bergerilya 'berbagi berkat' di berbagai kabupaten dan kota di Sulawesi Utara guna meraih simpati pemilih. Teranyar diberitakan, VAP mengklaim telah mengantongi SK dari partai besutan Surya Paloh itu dan bakal berpasangan dengan Siswa Rahmat Mokodongan, Putra Totabuan yang dikenal sebagai mantan Sekretaris Daerah Propinsi Sulawesi Utara di era kepemimpinan SH. Sarundajang. 
Vonnie Anneke Panambunan (VAP) bergerilya berbagi berkat. 
 
Pun halnya dengan Elly Engelbert Lasut (E2L), foto Bupati Talaud yang baru saja dilantik ini juga bertebaran di sudut-sudut pemukiman warga. Elly Lasut yang untuk ketiga kalinya mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulut itu bahkan intens menemui para petinggi Partai Nasdem di DPP dan sejumlah petinggi partai lainnya di Ibukota. Banyak kalangan menyebut, mantan dokter Puskesmas itu cocok berpasangan dengan Christiany Eugenia Paruntu (CEP), Bupati Minahasa Selatan yang juga Ketua DPD Partai Golkar Sulawesi Utara itu.  
Elly Engelbert Lasut (E2L) bersama Christiany Eugenia Paruntu (CEP).

Tidak mau kalah oleh VAP dan E2L, Vicky Lumentut, Walikota Manado 2 (dua) periode yang bernama lengkap, Godbless Sofcar Vicky Lumentut (GSVL) ini pun gencar menyosialisasikan diri melalui baliho bergambar dirinya yang tengah menunggangi sepeda. Namun akhir-akhir ini, pria kelahiran Tondano, Minahasa itu disibukkan dengan penanganan dan penanggulangan pandemi Covid-19 yang kini tengah melanda wilayahnya dengan jumlah warga terpapar tertinggi di Sulawesi Utara. Mantan Ketua Partai Demokrat Sulawesi Utara itu pun dinilai sebagai figur kuat untuk melawan incumbent, Olly Dondokambey - Steven Kandouw, pasangan calon Gubernur dari PDI Perjuangan yang siap merebut kembali plat nopol DB 1 untuk periode kedua. 
Vicky Lumentut (GSVL) bersama Ketum Nasdem, Surya Paloh. 

"Kemarin (Selasa, 16/06), saya telpon ke DPP menanyakan hasil seleksi cagub dan dijawab masih sementara digodok tim pemenangan Partai Nasdem dan mereka (DPP Nasdem) janjikan akan segera melaporkan hasilnya, mengenai siapa di antara ketiganya yang akan didorong maju untuk merebut kursi Gubernur untuk masa kepemimpinan berikutnya," pungkas Maximiliaan Jonas Lomban.(Adj)