Polisi Geledah Lapas Tewaan Bitung.

Iklan Semua Halaman

Polisi Geledah Lapas Tewaan Bitung.

Jumat, 19 Juni 2020
Aparat Kepolisian yang melakukan penggeledahan terhadap para napi. (Foto-foto: Humas Lapas Tewaan, Bitung) 
Reportasesulut.com- Dipimpin Wakil Kepala Kepolisian Resort Bitung (Wakapolres), Komisaris Polisi Marganda Aritonang,  jajaran Polres Bitung melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan penggeledahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB,  Tewaan Bitung, Jumat (19/06/2020). Sidak dalam rangka pemberantasan narkoba itu dilakukan bersama Badan Narkotika  Nasional (BNN) Kota Bitung 

Dalam kegiatan itu, Wakapolres Aritonang didampingi Kasat Sabhara, AKP. Everhart Kawatu, Kasatres Narkoba, AKP. Jemmy Lewu, Kasat Intelkam, AKP. Jocke Meteng dan Kapolsek Ranowulu, Iptu. I Wayan Budhiarta.

Kegiatan diawali dengan apel kesiapan dan pengarahan dari Kepala Lapas Tewaan Bitung, Syukron Hamdhani di halaman depan Lapas. Kemudian dilanjutkan dengan penggeledahan di sejumlah gedung atau blok hunian warga binaan pemasyarakatan.
Apel kesiapan dan pengarahan dari Kalapas serta Wakapolres.
 
Selain melakukan penggeledahan, kepolisian bersama BNN juga melakukan tes urine terhadap seluruh narapidana dan seluruh pegawai Lapas. 

"Sidak ini kami lakukan guna mencegah peredaraan dan penyalahgunaan narkoba di dalam lapas. Selain itu, penggeledahan juga dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya benda berbahaya yang disimpan napi, misalnya sajam (senjata tajam) atau benda-benda berbahaya lainnya," jelas Aritonang.
BNN Bitung lakukan tes urine kepada seluruh napi dan pegawai Lapas. 

Sementara itu, Kalapas Hamdani berharap,  kegiatan ini bisa rutin digelar sebagai bentuk sinergitas dengan aparat penegak hukum lainnya, utamanya dalam hal pemberantasan narkoba di dalam lapas dan tentu saja ini adalah bagian dari tindakan deteksi dini guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan," harap Hamdani seraya mengatakan bahwa, deteksi dini,  pemberantasan narkoba dan sinergitas antar-penegak hukum memang merupakan arahan dari Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM,  Irjen. Pol. Reynhard Silitonga. 

"Untuk itu, kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kami kepada Polres Bitung dengan terlaksananya kegiatan sidak dan penggeledahan ini," ujar pria kelahiran Madura, Jawa Timur itu. 
Blok hunian napi perempuan juga dilakukan penggeledahan. 

Penggeledahan serta tes urine di Lapas ini berlangsung kondusif dan terkendali selama kurang lebih dua jam. Dan hingga pukul 15.00 WITA, aparat kepolisian tidak menemukan benda mencurigakan baik berupa narkoba, maupun benda berbahaya lainnya. Hasil tes urine yang dilakukan petugas BNN pun semuanya negatif.(Adj)